Rusia Angkat Kaki, Bendera Ukraina Berkibar Lagi di Pulau Ular

Tim | CNN Indonesia
Senin, 04 Jul 2022 20:59 WIB
Bendera Ukraina kembali berkibar di Pulau Ular usai pasukan Rusia angkat kaki dari kawasan yang menjadi salah satu jalur produk agrikultur penting negara itu. Ilustrasi. Bendera Ukraina kembali berkibar di Pulau Ular usai pasukan Rusia angkat kaki dari kawasan yang menjadi salah satu jalur produk agrikultur penting negara itu. (AFP/Alex Halada)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bendera Ukraina kembali berkibar di Pulau Ular pada Senin (4/7), setelah pasukan Rusia angkat kaki dari kawasan yang menjadi salah satu jalur lalu lintas produk agrikultur penting di negara itu.

"Bendera Ukraina berkibar di pulau itu. Operasi sudah rampung. Pulau itu kembali ke kekuasaan Ukraina," ujar juru bicara Komando Selatan militer Ukraina, Natalia Humeniuk, seperti dikutip CNN.

Rusia menarik pasukannya dari Pulau Ular pada pekan lalu. Mereka menyatakan penarikan pasukan itu merupakan iktikad baik agar Ukraina dapat kembali mengekspor produk agrikultur.

"Pada 30 Juni, sebagai iktikad baik, angkatan bersenjata Rusia merampungkan tugasnya di Pulau Ular dan menarik garnisun di sana," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia yang dikutip AFP.

Kemhan Rusia menegaskan penarikan ini membuktikan kepada dunia bahwa "Rusia tidak menghalangi upaya PBB untuk membangun koridor kemanusiaan guna mengirimkan produk agrikultur dari Ukraina."

Rusia mengambil keputusan ini setelah Ukraina menggempur pasukan Negeri Beruang Merah di pulau yang terletak di Laut Hitam itu.

Moskow menegaskan bahwa "bola sekarang berada di tangan Ukraina." Menurut mereka, Ukraina tak kunjung membersihkan kawasan itu dari ranjau darat.

[Gambas:Video CNN]

Selama invasi Rusia di Ukraina, Pulau Ular menjadi sorotan karena merupakan salah satu kawasan jalur lalu lintas ekspor gandum dari negara itu.

Ukraina menuding Rusia mencuri gandum dari sejumlah unit penyimpanan, termasuk di Pulau Ular. Pencurian itu lantas memicu kekurangan pangan global.

Insert - Wilayah Ukraina yang Telah Dikuasai Pasukan Rusia4 JuliWilayah Ukraina yang sudah dikuasai Rusia. (CNN Indonesia/Basith Subastian)
(has/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER