Draupadi Murmu, Mantan Guru Jadi Presiden Pribumi Pertama India

CNN Indonesia
Jumat, 22 Jul 2022 07:23 WIB
Profil lengkap Draupadi Murmu yang resmi terpilih menjadi Presiden India periode 2022-2027. Draupadi Murmu resmi jadi presiden India. (REUTERS/AMIT DAVE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Draupadi Murmu resmi menjadi Presiden India periode 2022-2027 setelah menang dalam pemungutan suara, Kamis (21/7). Berikut profil Draupadi Murmu.

Murmu resmi menjadi presiden pribumi pertama India dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut.

Wanita berusia 64 tahun itu lahir dari suku Santhal di Odisha pada 20 Juni 1958. Dia merupakan lulusan Ilmu Seni di Rama Devi Women's College.

Murmu menikah dengan Shyam Charan Murmu, seorang bankir, yang meninggal pada 2014. Pasangan ini memiliki dua putra yang sudah meninggal dunia dan seorang putri.

Dia memulai karier dengan bekerja sebagai guru sebelum memasuki arena politik. Dia bekerja sebagai asisten profesor di Shri Aurobindo Integral Education and Research Institute, Rairangpurdan asisten junior di departemen irigasi Pemerintah Odisha.

Murmu kemudian bergabung dengan Partai Bharatiya Janata pada 1997 dan telah dua kali menjadi legislator pada tahun 2000 dan 2009.

Pada 2015 Murmu diangkat sebagai gubernur wanita pertama di negara bagian Jharkhand timur dan menjabat hingga Juli 2021.

Beberapa pihak melihat pemilihan presiden Murmu sebagai kemenangan atas aspirasi politik suku dan menjadi momen terobosan bagi masyarakat yang telah lama diabaikan dan dieksploitasi di bawah beberapa pemerintahan.

Murmu resmi terpilih sebagai Presiden India pada Kamis (21/7) setelah menang dalam pemungutan suara.

Dalam proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara.

Kini Murmu akan menjabat sebagai Presiden India mulai 25 Juli mendatang seiring berakhirnya masa jabatan Presiden India saat ini Ram Nath Kovind.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/rhr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER