Italia Diterjang Gelombang Panas, 16 Kota Bersiap Cuaca 'Neraka'

CNN Indonesia
Jumat, 22 Jul 2022 20:28 WIB
Italia diterjang gelombang panas mulai hari ini, Jumat (22/7). Setidaknya 16 kota di Italia bersiap menghadapi cuaca ekstrem bak neraka. Italia diterjang gelombang panas mulai hari ini, Jumat (22/7). Setidaknya 16 kota di Italia bersiap menghadapi cuaca ekstrem bak neraka. (AP/Emilio Fraile)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyusul sejumlah negara Eropa lainnya, Italia juga diterjang gelombang panas mulai hari ini, Jumat (22/7). Setidaknya 16 kota di Italia bersiap menghadapi cuaca ekstrem bak neraka.

AFP membeberkan keenam belas kota itu mencakup Milan, Bologna, dan Roma. Ketiga kota itu diperkirakan menjadi daerah yang terkena dampak gelombang panas terparah.

Berdasarkan perkiraan awal pemerintah, suhu di Milan bisa mencapai 40 derajat Celsius. Sementara itu, suhu di Bologna dan Roma diprediksi mencapai 39 derajat Celsius.

Kementerian Kesehatan Italia melaporkan, beberapa kota lain juga mengeluarkan peringatan suhu panas, yaitu Florence, Genoa, Turin, dan Verona.

Kota Pavia juga mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem setelah mencatat rekor suhu 39,6 derajat Celsius pada Kamis (21/7).

Tak hanya itu, daerah Lucca dan Tuscany juga merilis peringatan cuaca ekstrem setelah 860 hektar lahan terbakar, diduga akibat gelombang panas.

Hingga saat ini, petugas belum berhasil memadamkan kebakaran itu. Akibatnya, lebih dari 1.000 penduduk di Lucca dan Tuscany harus mengungsi.

Kantor kejaksaan agung telah membuka penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran yang melalap ratusan hektar lahan ini.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya di Tuscany, kebakaran sempat terjadi di hutan dekat Kota Trieste, Selasa (19/7). Kebakaran ini menyebabkan 300 orang harus mengungsi.

Namun pada Kamis, Wakil Gubernur Riccardo Riccardi menyampaikan situasi kebakaran di daerah itu saat ini "stabil secara substansial."

Berdasarkan situs cuaca Italia, ilmeteo.com, suhu di negara itu pada tiga bulan terakhir memang mencapai dua hingga tiga derajat lebih tinggi di atas rata-rata.

(pwn/has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER