Zelensky Umumkan Mandat untuk Evakuasi Rakyat dari Region Donetsk

CNN Indonesia
Minggu, 31 Jul 2022 05:47 WIB
Dalam kesempatan bicara via televisi pada Sabtu tengah malam, Zelensky minta bantuan warga lain guna 'membujuk' mereka yang masih bertahan di zona pertempuran. President Ukraina Volodymyr Zelenskiy. (via REUTERS/UKRAINIAN PRESIDENTIAL PRESS SER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengumumkan mandat untuk mengevakuasi rakyat dari region Donetsk, Sabtu (30/7).

Sebagai informasi wilayah Ukraina timur itu menjadi salah satu 'arena pertempuran paling mengerikan menghadapi invasi Rusia'.

Dalam pernyataan yang disiarkan saluran televisi pada Sabtu tengah malam, Zelenskiy mengatakan ratusan warga yang masih berada di zona pertempuran di region Donbas pun diminta untuk pergi.

"Lebih banyak rakyat meninggalkan region Donetsk sekarang, lebih sedikit orang yang akan dibunuh tentara Rusia," katanya, mengutip dari Reuters.

Zelenskiy mengatakan selain itu masih ada setidaknya ratusan orang yang bertahan di Donbas, di mana pertempuran semakin memburuk.

"Banyak yang menolak untuk pergi, namun ini perlu tetap dilakukan," kata Zelensky.

"Jika Anda memiliki kesempatan, tolonglah bicara kepada mereka yang masih berada di zona pertempuran di Donbas. Tolong bujuk mereka untuk pergi secepatnya," imbuh Zelensky.

Secara terpisah, media outlet Ukraina mengutip Deputi Perdana MenteriIryna Vereshchukyang menyatakan evakuasi perlu dilakukan sebelum musim dingin karena suplai gas ke wilayah itu telah dihancurkan.

(Reuters/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER