Kronologi Lengkap Drone AS Bunuh Pentolan Al Qaeda Zawahiri

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 08:44 WIB
Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri, diketahui menetap di sebuah rumah di Kabul, Afghanistan, sejak Taliban menguasai negara itu pada Agustus 2021. Kompleks kediaman pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri di Sherpur AFP/WAKIL KOHSAR
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri, diketahui menetap di sebuah rumah di Kabul, Afghanistan, sejak Taliban menguasai negara itu pada Agustus 2021.

Amerika Serikat, yang telah lama mencari Zawahiri, mengetahui informasi tersebut dan memutuskan meluncurkan serangan di rumah perlindungan pemimpin Al-Qaeda itu.

"Selama beberapa tahun, pemerintah AS telah mengetahui jaringan yang kami pantau mendukung Zawahiri," ujar seorang pejabat administrasi, dikutip dari AFP.

Namun, intelijen AS baru mengetahui keluarga Zawahiri berada di Kota Kabul pada tahun ini, kata sumber itu.

[Gambas:Video CNN]

"Kami mengidentifikasi Zawahiri lewat berbagai kesempatan bahwa ia kerap berada di teras dalam beberapa waktu," kata pejabat itu.

Pemerintah AS kemudian merencanakan serangan pada Mei dan Juni. AS juga memantau rumah Zawahiri untuk mengetahui pola kehidupan keluarga pria itu.

Pihak AS mempelajari struktur rumah, mencoba menyerang Zawahiri tanpa merusak struktur bangunan rumah tersebut, untuk meminimalisasi risiko terhadap warga sipil.

Setelah itu, pejabat pertahanan dan intelijen AS menyelesaikan skema penyerangan pada Juni dan menyampaikannya kepada Presiden Joe Biden pada 1 Juli.

Pejabat itu juga menuturkan Biden menanyakan sejumlah pertanyaan detail mengenai struktur bangunan, masalah iklim, dan risiko serangan terhadap warga sipil.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

Awal Rencana Pembunuhan Al Zawahiri

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER