Zawahiri Dibunuh AS, Al Qaeda Habis atau Makin Bengis?

CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 08:10 WIB
Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri, terbunuh dalam serangan drone Amerika Serikat. Kabar ini disampaikan oleh Presiden Joe Biden pada Senin (1/8). Pemimpin Al Qaeda dibunuh AS. (AL-JAZEERA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemimpin Al Qaeda, Ayman Al Zawahiri, terbunuh dalam serangan drone Amerika Serikat. Kabar ini disampaikan oleh Presiden Joe Biden pada Senin (1/8).

"Keadilan telah ditegakkan dan pemimpin teroris ini tidak ada lagi," ujar Biden dalam pernyataan televisi, dikutip dari AFP.

Zawahiri sendiri merupakan salah satu tokoh pusat dari serangan 11 September 2001 di AS yang menewaskan hampir 3.000 orang. Ia memimpin Al-Qaeda menggantikan Osama bin Laden yang tewas pada 2011 lalu di tangan Washington.

Lalu, apakah tewasnya Zawahiri dapat membuat serangan Al-Qaeda menjadi semakin 'bengis'?

[Gambas:Video CNN]

Profesor kajian Timur Tengah dari Universitas Indonesia, Yon Machmudi, menilai serangan-serangan yang dilakukan Al Qaeda menjadi semakin kecil.

"Nampaknya ke depan justru serangan-serangan yang dilakukan oleh Al-Qaeda semakin kecil. Jaringan mereka sudah terputus karena sosok yang menjadi inspirator dan simbol perlawanan telah terbunuh," ujar Yon saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (2/8).

Selain itu, Yon menuturkan jaringan Al Qaeda saat ini sudah sangat lemah, pun mobilitas para pemimpin mereka terbatas, membatasi aksi terorisme kelompok itu.

Pendapat yang mirip juga disampaikan pengamat hubungan internasional dari Universitas Muhammadiyah Riau, Fahmi Salsabila.

"Al Qaeda terus bergerak walaupun tidak sekuat dulu dan terus dihabisi oleh AS dan sekutunya," ujar Fahmi saat diwawancara CNNIndonesia.com, Selasa (2/8).

Meski begitu, Al Qaeda masih bakal terus melakukan serangan balasan. Fahmi menuturkan kelompok itu biasanya menargetkan kepentingan-kepentingan AS di berbagai wilayah.

Lanjut ke halaman berikutnya...

Kemungkinan Taliban Jadi 'Inang' Al-Qaeda

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER