Marah Lawatan Pelosi, China 'Kepung' Taiwan dengan Simulasi Perang

rds | CNN Indonesia
Rabu, 03 Agu 2022 09:23 WIB
China segera mengumumkan latihan militer besar-besaran di hampir sekeliling perairan dekat Taiwan kala marah soal lawatan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei. China segera mengumumkan latihan militer besar-besaran di hampir sekeliling perairan dekat Taiwan kala marah soal lawatan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei. (Foto: REUTERS/TINGSHU WANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

China menggelar latihan militer besar-besaran di sekeliling Taiwan di saat kunjungan Ketua Dewan Perwakilan (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, berlangsung di Taipei, Rabu (3/8).

China mengumumkan akan mengadakan latihan militer mencakup latihan tempur dan latihan menembak langsung di enam zona di sekitar Taiwan.

"Tindakan ini merupakan pencegah serius terhadap eskalasi besar baru-baru ini dari tindakan negatif Amerika Serikat soal isu Taiwan, dan peringatan serius bagi pasukan 'kemerdekaan Taiwan' yang mencari 'kemerdekaan,'" kata Kolonel Shi Yi, juru bicara Komando Militer Teater Timur China, melalui pernyataan seperti dikutip CNN.

Kementerian Pertahanan China mengatakan militer China "dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian operasi militer yang ditargetkan untuk melawan situasi saat ini dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan campur tangan kekuatan eksternal dan skema pemisahan kemerdekaan Taiwan".

Dalam langkah yang tidak biasa, media pemerintah China juga mengunggah di Twitter sebuah peta yang menunjukkan enam daerah di sekitar Taiwan yang akan menjadi lokasi latihan militer tentara Negeri Tirai Bambu tersebut.

Pelosi dan delegasi tiba di Bandara Taipei pada Selasa (2/8) malam. Ia akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen dan Ketua DPR Taiwan, You Si-kun, pada Rabu pagi.

Tabloid Global Times yang dikelola pemerintah China merilis pengumuman bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) akan mengadakan "latihan penting termasuk latihan tembakan langsung di sekitar Taiwan mulai 4-7 Agustus.

China juga merilis peta berisikan titik koordinat lokasi latihan militer yang berlokasi di sekeliling lepas pantai Taiwan, termasuk daerah barat laut, utara, timur laut, timur, tenggara, dan barat daya Taiwan.

[Gambas:Video CNN]

Lokasi latihan militer China itu, menurut Taiwan News, sangat dekat dengan perairan teritorial Taiwan.

China bahkan akan melarang setiap kapal dan pesawat masuk area latihan tersebut selama waktu yang ditentukan untuk alasan keamanan selama simulasi perang berlangsung.

Media lokal menuturkan lokasi latihan militer China kali ini tampak jauh lebih mendekati teritorial Taiwan jika dibandingkan dengan latihan perang saat Krisis Selat Taiwan Ketiga 1995-1996 lalu.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan mengonfirmasi latihan militer China tersebut.

Taipei menyesali simulasi perang yang dilakukan China ini.

Kemhan Taiwan menganggap China berusaha mengancam pelabuhan dan kota-kota utama di negaranya dengan mengumumkan latihan militer ini.

"Latihan ini ditujukan untuk mengintimidasi warga Taiwan secara psikologis," ucap Kemhan Taiwan dikutip Reuters.

Namun, Kemhan Taiwan menegaskan pihaknya tidak gentar dengan "intimidasi militer" China ini.

Kemhan Taiwan menegaskan terus meningkatkan kewaspadaan memantau gerak-gerik militer China dan warga diimbau tak perlu khawatir soal ini.

Taiwan menegaskan mereka memiliki "tekad, kemampuan, dan kepercayaan diri" untuk memastikan keamanan nasional terjamin.



(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER