Rangkuman Situasi China-Taiwan Terkini: China Setop Dialog dengan AS

CNN Indonesia
Sabtu, 06 Agu 2022 07:27 WIB
Sejak China memulai latihan militer di perairan dekat Taiwan pada Kamis (4/8), situasi di kedua wilayah itu semakin panas. Berikut perkembangan situasi terkini. Ilustrasi. Situasi China vs Taiwan kini semakin memanas. (AFP/HECTOR RETAMAL)

6. Rusia Dukung China Latihan Militer di Dekat Taiwan

Rusia mendukung tindakan China melangsungkan latihan militer di dekat Taiwan.

"[Latihan militer] ini adalah hak kedaulatan China," kata juru bicara Kantor Kepresidenan Kremlin, Dmitry Peskov, saat ditanya wartawan soal tanggapan terkait latihan militer China pada Kamis (4/8).

"Ketegangan di kawasan dan sekitar Taiwan diprovokasi oleh kunjungan Nancy Pelosi. Itu adalah kunjungan yang sama sekali tidak perlu, sebuah provokasi yang tidak perlu," lanjutnya, seperti dikutip Reuters.

Berita selengkapnya.

7. China Sanksi Pelosi karena Nekat Pergi ke Taiwan

Kementerian Luar Negeri China memberikan sanksi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi, Jumat (5/8). Sanksi ini diterapkan karena kunjungan Pelosi ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Kemlu China menilai Pelosi 'sangat serius ikut campur dengan urusan internal China dan sangat serius merusak kedaulatan dan integritas teritorial China [dengan kunjungan ke Taiwan],' sebagaimana dilansir AFP.

"[China akan] menerapkan sanksi terhadap Pelosi dan keluarga dekatnya," lanjut badan itu.

Berita selengkapnya.

8. AS Panggil Dubes China Usai Beijing Mulai Latihan Militer Dekat Taiwan

Gedung Putih memanggil Duta Besar China untuk Amerika Serikat, Qin Gang, untuk mengecam tindakan eskalasi Beijing terhadap Taipei pada Kamis (4/8).

"Setelah aksi China semalam, kami memanggil Duta Besar Qin Gang ke Gedung Putih untuk memberikan protes kepadanya terkait aksi provokatif [China]," kata juru bicara Gedung Putih, John Kirby, kepada The Washington Post, dikutip dari Reuters.

Tindakan AS ini dilakukan setelah China memanggil Duta Besar AS di Beijing, Nicholas Burns, untuk memprotes kunjungan Pelosi ke Taiwan, Selasa (2/8).

(pwn/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER