ISIS Klaim Bom Kawasan Syiah Afghanistan, 2 Orang Tewas

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 07 Agu 2022 03:21 WIB
ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di kawasan Syiah di Kabul, Afghanistan, yang menewaskan dua orang pada Sabtu (6/8). Ilustrasi ledakan. (Istockphoto/RamonCast)
Jakarta, CNN Indonesia --

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di kawasan Syiah di Kabul, Afghanistan, yang menewaskan dua orang pada Sabtu (6/8).

Sebagaimana dilansir Reuters, kelompok militan itu mengumumkan langsung klaim tersebut melalui Telegram mereka.

"Pasukan kami meledakkan bahan peledak [menargetkan Syiah]," demikian pernyataan ISIS yang dirujuk kelompok pemantau SITE.

Juru bicara kepolisian Afghanistan, Khalid Zadran, mengatakan bahwa ledakan itu juga melukai 22 orang lainnya.

Insiden ini terjadi dua hari menjelang ritual berduka Ashura bagi jemaah Syiah. Ritual itu jatuh pada Senin (8/8) mendatang.

Sehari sebelum insiden ini, delapan orang lainnya juga tewas akibat serangan bom yang didalangi ISIS di kawasan Syiah di Kabul barat.

ISIS memang kerap menyerang umat Muslim Syiah sejak tahun lalu, tepatnya setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus 2021.

Sebagai minoritas, kelompok Syiah di Afghanistan menyumbang 10 hingga 20 persen dari total 38 juta penduduk di negara itu.

Taliban terus menegaskan bahwa mereka sudah mengalahkan ISIS. Namun, para analis menganggap ISIS masih menjadi tantangan utama keamanan bagi Taliban.

(has/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER