KILAS INTERNASIONAL

China Tolak Dialog Militer dengan AS hingga Banjir Bandang di Seoul

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 06:27 WIB
China tolak dialog militer dengan Pentagon AS hingga banjir bandang landa ibu kota Korsel Seoul, berikut Kilas Internasional pagi ini. Banjir bandang landa ibu kota Korsel, Seoul. (AFP/-)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan China menolak dialog militer dengan Pentagon Amerika Serikat buntut dari kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi ke Taiwan pekan lalu.

Berita internasional lainnya adalah banjir bandang merendam sejumlah area utama di ibu kota Korea Selatan Seoul pada Senin (6/8).

Berikut kabar 24 jam terakhir yang terangkum dalam Kilas Internasional pagi ini:

China Tolak Dialog Militer: AS Akan Rasakan Akibatnya

Kementerian Pertahanan China menolak melakukan dialog militer dengan AS imbas kunjungan Ketua Dewan DPR Nancy Pelosi ke Taiwan pekan lalu.
Beijing juga menilai Washington harus merasakan akibat dari tindakan Pelosi tersebut.

"Situasi tegang di Selat Taiwan saat ini seluruhnya diprovokasi dan dibuat oleh pihak AS dengan inisiatif mereka sendiri, dan pihak AS harus bertanggung jawab penuh pun merasakan konsekuensi serius atas hal itu," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian, dalam unggahan virtual pada Senin (8/8).

[Gambas:Video CNN]

Taiwan Waswas China Bakal Invasi Wilayahnya

Taiwan khawatir China akan menginvasi wilayah mereka setelah terus memprovokasi sejak menggelar latihan besar-besaran di sekeliling wilayahnya pada pekan lalu.

Latihan militer itu digelar China sebagai respon amarahnya terhadap lawatan Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taiwan pada pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, mengatakan China selalu mengancam Taipei selama bertahun-tahun dan tak pernah ada langkah ekstrem yang terjadi dari pihak Negeri Tirai Bambu. Namun, Wu mengaku ancaman China menjadi lebih serius dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah lawatan Pelosi ini.

Banjir Bandang Rendam Seoul, Listrik Padam di Distrik Elite Gangnam

Banjir bandang menerjang sejumlah area utama Seoul, Korea Selatan, pada Senin (8/8) malam setelah hujan lebat mengguyur ibu kota sejak siang hari.

Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial memperlihatkan genangan air hampir setinggi atap bus merendam beberapa area utama Seoul. Mobil hingga bus terlihat terbawa genangan air yang tinggi.

Air deras juga terlihat mengalir menuruni tangga ke stasiun bawah tanah.

Kantor berita Yonhap melaporkan hujan deras menyebabkan banjir dan pemadaman listrik di beberapa daerah.

(tim/bac)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER