Diplomat Beijing: AS Bikin Perang saat China Ciptakan Banyak Hal

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 11:04 WIB
Seorang diplomat China mengkritik Amerika Serikat dengan mengatakan bahwa Washington membuat perang, sementara Beijing menciptakan banyak hal. Foto ilustrasi tentara AS. (REUTERS/MICHAEL MCCOY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang diplomat China menyentil Amerika Serikat dengan mengatakan bahwa Washington membuat perang, sementara Beijing menciptakan banyak hal.

Komentar ini disampaikan oleh diplomat Konsul Jenderal China di Belfast, Irlandia, Zhang Meifang.

"AS bikin perang. China menciptakan hampir semua hal lain. Siapa yang sebenarnya memimpin dunia ke jalan yang benar?" tulis Zhang dalam akun Twitter-nya pada Sabtu (6/8), seperti dikutip News Week.

Dalam cuitan tersebut, Zhang juga merilis satu foto yang terbagi dua. Foto di bagian atas menunjukkan seseorang sedang memegang senapan dengan baju militer, sementara foto lain menunjukkan kotak bertuliskan 'Made in China.'

Selain itu, Zhang sempat mengunggah cuitan Twitter mengejek salah satu kapal perang milik Taiwan.

"Ini merupakan kapal perang Taiwan yang mudah ditemukan PLA [Tentara Pembebasan Rakyat China], sebuah bagian dari museum. Namun, seseorang berencana merealisasikan 'kemerdekaan Taiwan' dengan itu!" tulisnya lagi.

[Gambas:Video CNN]

Dalam unggahan tersebut, Zhang merilis dua gambar yang menunjukkan kapal fregat taiwan ROCS Lan Yang. Kapal itu kemudian dibandingkan dengan kapal yang digunakan China.

ROCS Lan Yang sendiri merupakan kapal fregat AS yang berkelas Knox. Kapal itu dibangun pada 1965 dan 1974, kemudian tak lagi digunakan Angkatan Laut AS pada 1994.

Situasi Beijing, Taiwan, dan Washington semakin panas usai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi melawat ke Taiwan.

Kunjungan Pelosi ini menuai amarah China, membuat negara itu melangsungkan latihan militer di dekat Taiwan, pun memutus sejumlah kerja sama dengan AS.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER