Menlu Taipei: Latihan Militer China buat Persiapan Serbu Taiwan

CNN Indonesia
Selasa, 09 Agu 2022 11:26 WIB
Menlu Taiwan, Joseph Wu, menuturkan bahwa China menggunakan latihan militer udara dan laut di sekitar Taiwan untuk mempersiapkan invasi ke pulau itu. China menembakkan rudal Dongfeng dalam latihan perang pekan lalu dekat Taiwan. (AP/Lai Qiaoquan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, menuturkan bahwa China menggunakan latihan militer udara dan laut di sekitar Taiwan untuk mempersiapkan invasi ke pulau itu.

"China telah menggunakan latihan militer dan buku pedoman militernya untuk bersiap menginvasi Taiwan. Niat China sebenarnya adalah untuk mengubah status quo di Selat Taiwan dan seluruh kawasan," kata Wu kepada wartawan pada Selasa (9/8), seperti dikutip AFP.

Sebagaimana diberitakan AFP, China kembali melangsungkan latihan militer di sekitar Taiwan pada Senin (8/8).

Sejak pekan lalu, China memang telah mengadakan latihan militer di dekat Taiwan, merespons kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke pulau itu.

[Gambas:Video CNN]

Dalam latihan ini, Beijing mengerahkan jet tempur, kapal perang, dan rudal balistik. Para analis menilai China tengah melatih diri untuk memblokade dan menginvasi Taiwan.

Sementara itu, Taiwan mengadakan latihan anti-pendaratan pada hari ini, Selasa (9/8). Latihan tersebut diikuti oleh ratusan tentara dan menggunakan sekitar 40 senjata howitzer.

"Kami akan melatih aksi balasan terhadap simulasi serangan musuh ke Taiwan," ujar juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan Taiwan, Lou Woei Jye, kepada AFP.

(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER