Kamala Harris Bakal Lawatan ke Jepang dan Korsel Pekan Depan

CNN Indonesia
Sabtu, 24 Sep 2022 04:15 WIB
Kamala Harris akan ke Jepang untuk menghadiri pemakaman PM Shinzo Abe. Selanjutnya, ia akan terbang ke Korsel. Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. (Foto: REUTERS/LEAH MILLIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris akan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan minggu depan. Kunjungannya ke Jepang dalam rangka menghadiri pemakaman Perdana Menteri Shinzo Abe.

Dikutip dari AFP, Sabtu (24/9), Kamala Harris akan memimpin delegasi AS yang di antaranya terdiri dari Duta Besar AS untuk Jepang Rahm Emanuel dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai pada pemakaman, Selasa (27/9).

Sementara itu, pada Senin (26/9), Harris akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida yang menggantikan Abe.

"Kami mengantisipasi mereka juga akan berdiskusi tentang isu-isu seperti kekuatan aliansi AS-Jepang, kerja sama luas kami dalam banyak isu termasuk ruang angkasa, serta berbagai isu regional dan global, termasuk pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, dan pentingnya mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata seorang pejabat senior Gedung Putih.

Kamala Harris juga akan bertemu Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk membahas keamanan regional, krisis iklim dan aliansi Quad Australia, India, Jepang dan Amerika Serikat. Kemungkinan, Kamala Harris juga bakal bertemu Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo pada pemakaman.

Kemudian, pada Rabu (28/9), Harris dijadwalkan bertemu dengan para eksekutif industri semikonduktor Jepang dan mengunjungi USS Howard, kapal perusak angkatan laut AS yang berbasis di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka.

Harris akan mengakhiri perjalanannya dengan terbang ke Seoul pada Kamis (29/9). Dia akan bertemu dengan Presiden Yoon Suk-yeol dan juga kelompok yang disebut Gedung Putih sebagai "perempuan Korea yang inovatif," dengan tujuan soal kesetaraan gender di seluruh dunia.

(afp/tsa)

[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER