Uji Coba Rudal Korsel Sempat Gagal dan Terbakar, Warga Panik

pwn | CNN Indonesia
Rabu, 05 Okt 2022 12:19 WIB
Dalam latihan militer bersama Amerika Serikat, Korea Selatan sempat gagal meluncurkan satu rudal dan membuat warga panik. Uji coba rudal Korsel sempat gagal. (AP/)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam latihan militer bersama Amerika SerikatKorea Selatan sempat gagal meluncurkan satu rudal dan membuat warga panik.

Militer Korsel sempat meluncurkan rudal jarak pendek Hyunmoo-2 pada Selasa (4/10) malam. Namun, rudal itu tidak berfungsi dan jatuh tak lama setelah diluncurkan.

Seorang pejabat militer Korsel menuturkan kepada media Yonhap bahwa bahan peledak rudal itu terbakar, tetapi hulu ledaknya tak ikut meledak.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyampaikan tak ada korban jiwa atas kegagalan rudal ini, pun mereka masih mencari penyebabnya.

[Gambas:Video CNN]

Namun, kebakaran ini menimbulkan kepanikan dalam masyarakat.

Dalam video yang viral di media sosial, tampak kobaran api di area yang diklaim berada dekat satu pangkalan angkatan udara di dekat Gangneung. Namun, video itu masih belum dapat diverifikasi oleh AFP.

Kemunculan video itu menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat.

"Saya pikir ada perang, tetapi ternyata adalah latihan militer," kata salah satu warganet di Twitter.

"Apa yang membuat mereka membutuhkan waktu lama untuk mengonfirmasi? Jika ada perang mungkin kita baru mengetahui hal itu keesokan harinya," tulis warganet lain.

Sementara itu, seorang pejabat Kota Gangneung mengaku tak mendapatkan pemberitahuan dari militer Korsel terkait peluncuran rudal ini.

"Banyak warga yang panik menghubungi balai kota," kata salah satu pejabat di Kota Gangneung.

"Awalnya kami tidak tahu apa yang terjadi karena kami tak menerima pemberitahuan apapun dari pihak militer terkait latihan seperti ini," lanjutnya.

Kegagalan ini berlangsung kala Korsel dan Amerika Serikat melakukan latihan militer bersama untuk merespons peluncuran rudal Korea Utara beberapa waktu lalu.

Pyongyang diketahui meluncurkan rudal balistik jarak menegah yang melintasi Jepang pada Selasa, membuat Tokyo meminta warganya untuk berlindung.

(bac/bac)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER