DPRD DKI Berikan Lima Rekomendasi untuk Ahok

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2015 20:53 WIB
DPRD DKI Berikan Lima Rekomendasi untuk Ahok Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama ketika menghadiri Asia Africa Parliamentary Conference sebagai rangkaian KTT Asia-Afrika, Di Komplek Parlemen Senayan, Kamis, 23 April 2015. (CNN indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- DPRD DKI Jakarta memberikan lima rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur atas penggunaan APBD Tahun Anggaran 2014 kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi Kamis (23/4) siang tadi, rekomendasi terhadap LKPJ Gubernur disampaikan oleh anggota Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan, di hadapan para anggota dewan dan Ahok yang hadir didampingi Sekretaris Daerah Saefullah.

Dalam rekomendasinya, DPRD DKI Jakarta meminta agar Ahok—sapaan Basuki—selalu taat dan mematuhi segala peraturan perundang-undangan dalam menjalankan pemerintahan di ibu kota kedepannya.


"Gubernur harus patuh dan taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan pemerintahan," ujar Pantas di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Kamis (23/4).

Selain itu, lembaga legislatif daerah ibu kota juga mengatakan bahwa Gubernur seharusnya tidak boleh melepaskan tanggung jawabnya sebagai pemimpin daerah saat memberikan LKPJ 2014 kepada dewan. Diketahui, LKPJ Gubernur TA 2014 yang diberikan Ahok memang merangkum seluruh kerja yang dilakukan dirinya selaku Gubernur, dan Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta terdahulu yang masih berkuasa tahun lalu.

Pantas juga mengatakan, dalam rekomendasi yang ia bacakan, Ahok diharap dapat lebih serius bekerja pada tahun ini agar kinerja Pemprov DKI Jakarta di 2015 lebih baik dari tahun lalu.

"Gubernur harapannya tidak banyak berwacana dan harus serius bekerja beserta aparatnya sehingga kinerja Pemprov DKI dapat lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang," kata Pantas.

Mantan Bupati Belitung Timur diharapkan dapat mempersiapkan ahli hukum yang kuat untuk mempertahankan segala aset milik Pemprov DKI agar tidak ada lagi aset daerah yang hilang kedepannya.

Terakhir, sinergi yang kuat antara Pemprov DKI Jakarta dan berbagai pihak untuk membangun Jakarta yang lebih baik diharap mampu terwujud mulai tahun ini.

"Gubernur harus bersinergi dengan berbagai pihak untuk membangun Jakarta baru yang lebih baik," ujar Pantas. (pit/pit)