Jelang Pensiun, Moeldoko Bagi 55 Ribu Jam Tangan ke Prajurit

Abraham Utama, CNN Indonesia | Selasa, 19/05/2015 21:36 WIB
Jelang Pensiun, Moeldoko Bagi 55 Ribu Jam Tangan ke Prajurit Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (tengah) meneriakkan yel-yel bersama dengan para prajurit Kopassus di Markas Grup-1 Kopassus, Serang, Banten, Rabu (11/3). (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Jenderal Moeldoko akan segera memasuki masa pensiun pada 8 Juli mendatang. Mengutip siaran pers yang CNN Indonesia terima, pada sisa masa jabatannya, mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini berjanji akan membagikan jam tangan gratis kepada para prajuritnya.

"Saya telah membuatkan jam tangan untuk prajurit, Danramil dan Babinsa serta Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan untuk pos-pos terluar. Ada 55 ribu unit yang akan saya bagikan, cukup banyak untuk kalian”, kata Moeldoko saat mengunjungi Korem 043/Gatam Lampung, Selasa (19/5).

Moeldoko berharap, jam-jam tangan itu dapat membuat anggota TNI lebih giat bekerja dan melayani masyarakat. Namun, ia berpesan satu hal. "Jam tangan yang saya berikan jangan dijual ya," ucapnya.


Selasa ini, Moeldoko tercatat melakukan beberapa kegiatan di Lampung, seperti memberikan kuliah umum di Universitas Lampung dan menghadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Ada kesan lain pada kunjungan Moeldoko ke Korem 043/Gatam Lampung ini. Ia menuturkan, kehadirannya di Lampung merupakan wujud perpisahan kepada para prajuritnya.

Moeldoko berpesan, setiap unsur di tubuh TNI tidak boleh memelihara egoisme sektoral. Jika hal tersebut tidak bisa dihindari, Moeldoko berkata, perpecahan antarsatuan akan mudah terjadi.

Jika Moeldoko mulus menyelesaikan masa jabatannya, ia akan genap memimpin angkatan bersenjata Indonesia selama 22 bulan. Ia dilantik menjadi panglima TNI akhir Agustus 2013 silam.

Soal jam, Moeldoko memang tak bisa jauh-jauh dari alat pengingat waktu itu. Sebelum ini, muncul kontroversi soal jam tangan mahal miliknya. Mengaku mengoleksi banyak jam tangan, media Singapura sempat menyoroti jam tangan Moeldoko yang disinyalir berharga lebih dari Rp 1 miliar.

Untuk membuktikan tudingan tersebut keliru, Moeldoko sambil berkelakar pernah membanting jam tangan hitam yang dipakainya pada tangan kanan.

Usai bertemu Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Emmanuel Bautista di Hotel Borobudur di Jakarta, April 2014, Moeldoko menyatakan jam tangan yang dimilikinya tidak orisinil dan berharga tak lebih dari Rp 5 juta.

Lebih dari itu, Moeldoko juga tercatat memiliki harta kekayaan yang melimpah. Data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara di Komisi Pemberantasan Korupsi per 25 April 2012 terlihat, Moeldoko mempunyai kekayaan senilai lebih dari Rp 36 miliar. Catatan tersebut dibuat saat Moeldoko masih menjabat Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional. (hel)