Jokowi Sampaikan Amanat Pertama untuk Menko Perekonomian

Resty Armenia, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2015 07:52 WIB
Jokowi Sampaikan Amanat Pertama untuk Menko Perekonomian Darmin Nasution usai dilantik sebagai Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (12/8). (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku mendapatkan beberapa pesan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa saat setelah dilantik. Masalah pangan menjadi amanat pertama yang disampaikan oleh sang presiden.

"Memang ada beberapa hal sebagai pesan untuk permulaan. Presiden menjelaskan mengenai pentingnya membicarakan dan mengkaji ulang mengenai masalah pangan," ujar Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (12/8).

Kajian ulang yang dimaksud, kata Darmin, termasuk persoalan data kekeringan dan koordinasi yang dilakukan guna mengatasi masalah itu.


Dia menjelaskan, Presiden berharap setiap kementerian yang berada di bawah koordinasi Darmin mampu menyampaikan kebijakan terkait masalah kekeringan yang sudah dibicarakan dengan kementerian lainnya.

Sedangkan pesan kedua yang disampaikan presiden adalah terkait pencairan anggaran yang perlu didorong supaya terjadi percepatan.

"Kemudian Presiden menyampaikan perlunya didorong investasi dan arus modal masuk dalam rangka, tentu saja, karena ada persoalan kurs seperti sekarang ini. Jawabannya adalah perlunya modal masuk dari luar," katanya.

Darmin resmi dilantik presiden sebagai Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil, tadi siang. Langkah Jokowi mengangkat Darmin dinilai berbagai pihak sebagai keputusan yang tepat karena Darmin dianggap mumpuni, lantaran memiliki segudang pengalaman di pos keuangan atau ekonomi. (meg/meg)