KPK Ajak Eks Ketua UKP4 Bahas Rencana Strategis

Aghnia Adzkia, CNN Indonesia | Selasa, 01/09/2015 12:27 WIB
KPK Ajak Eks Ketua UKP4 Bahas Rencana Strategis Ilustrasi KPK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Zulkarnaen bersama mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto membahas Rencana Strategis KPK. Kuntoro menekankan pentingnya koordinasi antarlembaga.

"Ini baru mulai, kita lakukan FGD (Focus Group Discussion). Ini membahas soal Renstra kita tahun 2015-2019. Jadi nanti untuk pimpinan yang baru, kita sudah mempersiapkan sejak dini," kata Zulkarnaen, di Kantor KPK, Jakarta, Selasa (1/9).

Dalam pembahasan ini, KPK mengundang sejumlah pakar untuk membahas kondisi dan strategi nasional dalam empat tahun mendatang. Alasannya, untuk menyelaraskan kepentingan KPK dengan strategi nasional.


"Pakar ya tentu kita undang yang berpengalaman di lembaga publik. Ada Pak Kuntoro ada yang lain juga, pokoknya banyak masukan yang disampaikan," katanya.

Sementara itu, Kuntoro menjelaskan dirinya berbagi pengalaman dengan para punggawa KPK terkait pekerjaannya dulu yang berkutat dalam strategi nasional. Dalam pembahasan, Kuntoro meminta KPK menguatkan koordinasi.

"Tadi saya menggarisbawahi tentang masalah koordinasi antar lembaga. Saya juga menggarisbawahi mengenai positioning dari KPK, saya kira mesti lebih tajam lagi," kata Kuntoro.

Lebih jauh, Kuntoro diminta pendapatnya soal pengorganisasian. Sementara terkait isu kriminalisasi, iya mengaku tak membicarakannya.

"Ada yang menyentuh (isu itu) tapi saya kira saya tidak masuk ke situ karena itu bukan bidang saya. Saya berbicara mengenai lebih pada pengorganisasiannya yang sebaik-baiknya," kata Kuntoro. (hel)