Ancol Perketat Keamanan dari TNI Hingga Pramuka

Prima Gumilang | CNN Indonesia
Rabu, 06 Jul 2016 20:40 WIB
Total personel keamanan yang diterjunkan untuk mengamankan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol berjumlah 1.225 orang. Wisatawan menikmati liburan di Pantai Ancol, Jakarta, Jumat (1/1). (Ilustrasi/ Antara FotoRivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari pertama Idul Fitri, Rabu (6/7), kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, dipadati oleh ribuan pengunjung. Pengunjung pun terpantau masih berdatangan untuk menikmati libur lebaran di Ancol hingga malam hari.

Kepala Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Ellen Gaby Tullangow, mengatakan hingga pukul 19.30 WIB, pengunjung yang datang ke Ancol berjumlah 60 ribu orang. Dia menambahkan, pihaknya tetap membuka semua wahana wisata di Ancol.

Pada tengah hari, kata Ellen, jumlah pengunjung yang memasuki kawasan Ancol tercatat masih berkisar 26 ribu orang.

Pihaknya menargetkan jumlah pengunjung yang datang ke Ancol sebanyak 870 ribu orang selama sepekan. Jumlah ini lebih banyak 15 persen dibanding dengan tahun lalu. Dia optimis pihaknya dapat mencapai target itu.

Ellen menuturkan, untuk meningkatkan keamanan di kawasan Ancol, pihaknya telah bekerja sama dengan banyak aparat keamanan. Total personel keamanan berjumlah 1225 orang.

"Keamanan berasal dari internal, berkerja sama dengan kepolisian dan tentara, juga pramuka, termasuk lifeguard," ujar Ellen.

Sementara untuk layanan kesehatan, kata Ellen, pihaknya menyediakan lima pos pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di area pantai. Selain itu, di kawasan Dunia Fantasi, Atlantis Samudra, dan Seaworld juga disediakan pos P3K.

"Tersedia 17 ambulans di seluruh area," ujarnya.

Beberapa pos P3K dibuka selama 24 jam, di antaranya berada di sebelah Pizza Hut dan Pantai Festival. Sementara di unit seperti Dufan, kata Ellen, jadwal pelayanan pos mengikuti jam operasi unit.

Ellen mengatakan banyak wahana wisata dan fasilitas di dalam kawasan Ancol yang telah ditingkatkan demi kenyamanan pengunjung. Salah satunya suguhan Lagoon Seaside Carnival di Pantai Ancol.

Cuaca cerah ikut melancarkan wisata lebaran di pantai. Dari pantauan di lapangan, anak-anak dan sejumlah remaja tampak asik berenang di tepi pantai. Banyak pula pengunjung yang menyewa kapal untuk menikmati laut utara Jakarta.

Salah seorang pengunjung, Mulyani (52) berkunjung ke Ancol bersama lima anggota keluarganya. Dia sengaja datang pada hari pertama lebaran lantaran keluarganya yang berasal dari Jawa Timur akan kembali ke pulang esok hari. (gil/gil)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER