PSI Buka Pendaftaran Caleg untuk Wilayah DKI Jakarta

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Sabtu, 09/09/2017 04:30 WIB
PSI Buka Pendaftaran Caleg untuk Wilayah DKI Jakarta PSI merupakan salah satu partai baru yang berambisi bisa bersaing dalam Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka kesempatan kepada anak muda dan masyarakat yang berada di DKI Jakarta untuk bergabung menjadi calon legislatif dari partai ini. Lowongan untuk calon wakil rakyat setingkat DPRD ini bakal diproses dengan seleksi yang dilakukan secara terbuka.

Ketua PSI DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar menyebut, pendaftaran yang dilakukan secara terbuka ini untuk mengubah kondisi politik, khususnya Jakarta. 

"Partai politik yang kita buat berfungsi sebagai produsen pemimpin yang kompeten, kita mau anak muda yang memiliki integritas dan keinginan untuk mengubah perpolitikan khususnya di DKI," kata Michael di Kantor DPW PSI, Jakarta, Jumat (8/9).


Menurut Michael, selama ini masyarakat telah dibentuk dengan paradigma buruk terkait perpolitikan yang terjadi di Indonesia. Bahkan, kader-kader partai pun saat ini kebanyakan disebut memiliki kepentingan pribadi atau kelompok saat maju untuk menjadi calon legislatif. 

"Anak muda tidak punya dosa masa lalu yang harus ditutup-tutupi, mereka murni mendaftar karena ingin mengubah dan punya hasrat membangun negara," kata dia. 

Pendaftaran ini dibuka hingga 27 Oktober mendatang. Semua masyarakat diberi kebebasan untuk mendaftar atau mencalonkan orang yang dianggap kompeten di bidang perpolitikan. 

Sistem perekrutannya sendiri nantinya akan melalui berbagai proses, dimulai dari seleksi berkas oleh tim panel, wawancara, uji publik, baru setelah itu pengumuman penerimaan calon legislatif dari partai PSI.  (kid/kid)