Pemprov DKI Instruksikan Nonton Bareng Sertijab Anies-Sandi

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Senin, 16/10/2017 15:52 WIB
Pemprov DKI Instruksikan Nonton Bareng Sertijab Anies-Sandi Selain instruksi nonton bareng menggunakan layar lebar, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan kacamata berteknologi virtual reality. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memerintahkan jajaran di bawahnya untuk memfasilitasi acara nonton bareng Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Anies-Sandi. Hal itu tertuang dalam Instruksi Sekretaris Daerah DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2017.

Dalam instruksi tersebut, para wali kota, bupati, kepala suku dinas komunikasi, informatika, dan statistik (Kominfotik), serta para camat dan lurah diperintahkan melaksanakan kegiatan nonton bareng dengan Lembaga Masyarakat Kota (LMK), RT/RW, dan tokoh masyarakat lain untuk menggunakan layar lebar di ruang pola atau aula kantor masing-masing.

Selain instruksi nonton bareng, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 15 lokasi yang difasilitasi peralatan kacamata berteknologi virtual reality (VR) dengan akses sudut pandang 360 derajat. Dengan alat itu, warga dapat menikmati suasana penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Balai Kota.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Pemprov DKI Jakarta Dian Ekowati mengatakan, timnya sudah menyiapkan 30 kacamata VR yang tersebar di 15 lokasi tersebut, serta masing-masing satu ponsel.


"Nanti dapat digunakan bagi warga masyarakat yang akan menyaksikan kegiatan, jadi warga merasa seperti ada di tempat itu," kata Dian di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10).

Dengan demikian, kata Dian, warga bisa menyaksikan prosesi serah terima jabatan di Balai Agung, serta pesta rakyat di halaman Balai Kota.

Selain itu, warga juga dapat menggunakan ponsel pribadi masing-masing untuk menyaksikan rangkaian acara pelantikan dan sertijab secara live streaming melalui aplikasi Smart Eye VR Live Streaming yang bisa diunduh di Google Play untuk Android atau mengakses situs beritajakarta.id dan jakarta.go.id. Aplikasi tersebut belum tersedia untum pengguna ponsel Apple.

Tidak ada batasan waktu bagi warga yang ingin menggunakan kacamata VR tersebut, tetapi petugas tetap akan menyesuaikan waktu penggunaan dengan antusiasme warga di lapangan.

Adapun 15 lokasi yang menyediakan kacamata VR di antaranya tiga lokasi di Balai Kota, yaitu dua di halaman Balai Kota dan di dekat restoran JakBistro.

Sementara 12 lokasi lainnya berada di kelurahan di Jakarta Utara (Kel. Marunda, Tanjung Priuk, Penjaringan) Jakarta Barat (Kel. Srengseng, Duri Kepa, dan Rawa Buaya), Jakarta Selatan (Kel. Pela Mampang, Menteng Dalam, Cipete Selatan, dan Lebak Bulus), dan Jakarta Timur (Kel. Pondok Kopi dan Jatinegara.