Ratusan 'Zombie' Korban PHK Pertamina Longmarch ke Istana

Ramadhan Rizki Saputra, CNN Indonesia | Senin, 23/10/2017 09:49 WIB
Ratusan 'Zombie' Korban PHK Pertamina Longmarch ke Istana Korban PHK Pertamina menggelar aksi ala zombie saat menggelar longmarch ke Istana. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan Awak Buruh Mobil Tangki Pertamina yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi dan Pelabuhan Indonesia (FBTPI) menggelar aksi jalan kaki (longmarch) ke Istana Negara. Mereka berharap Presiden Joko Widodo memperhatikan nasib mereka.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, massa sudah berkumpul di LBH Jakarta sejak pukul 06.30 WIB. Kemudian sekitar pukul 09.00 peserta aksi mulai berjalan kaki dari LBH Jakarta di Jalan Diponegoro menuju Istana Negara. 
Mereka memakai seragam pertamina yang telah dirobek dengan berdandan ala "zombie'. Ada pula spanduk hingga bendera yang akan digunakan saat aksi.

Para zombie itu melakukan aksi teatrikal menggendong pocong di jalan raya, menggeliat  dan meringkuk sebagai simbol matinya kesejahteraan buruh pertamina yang di PHK.


Selain itu, terdapat satu unit mobil dengan pengeras suara yang digunakan buruh untuk berorasi juga terlihat. Sang operator mobil tersebut terlihat memutar beberapa lagu perjuangan untuk menyemangati para peserta aksi. Sebanyak puluhan polisi juga telah diturunkan guna mengamankan jalannya aksi tersebut
Perwakilan koordinator FBTPI Suratmo mengatakan aksi longmarch ini dilakukan untuk menuntut Presiden Jokowi turun tangan memperhatikan nasib buruh Pertamina yang terkena PHK sepihak.

"Karena Pertamina ini perusahaan plat merah, jadi kami tuntut Jokowi memperhatikan nasib kami, nasib teman-teman yang di PHK secara tak terhormat tanpa tunjangan," ujarnya. (sur)