Ponsel Raib Diduga Picu Viralnya Video Mesum Eks Mahasiswa UI

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Senin, 18/12/2017 22:31 WIB
Ponsel Raib Diduga Picu Viralnya Video Mesum Eks Mahasiswa UI Ilustrasi. (Thinkstock/Alexander-Cherepanov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tersebarnya video mesum yang diperankan oleh eks mahasiswa Universitas Indonesia, HA dan H diduga disebabkan oleh hilangnya telepon genggam milik H yang sempat digunakan untuk merekam video mesum tersebut.

H merupakan mantan kekasih HA. Pasangan itu merekam adegan mesumnya di ponsel milik H.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, saat diperiksa, H mengaku kehilangan telepon genggamnya.


"Dia (H) bilang handphone-nya (telepon genggam) hilang," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/12).

Argo tidak menjelaskan secara rinci kapan dan di mana H kehilangan ponselnya. Namun Argo mengatakan, H mengaku merekam video mesumnya sebagai dokumentasi pribadi.

H juga disebut tak menyangka video mesumnya menjadi viral setelah ponselnya hilang. Sampai saat ini, kata Argo, polisi masih mencari penyebar video tersebut.

"Alasannya untuk pribadi saja lalu (handphone) hilang. Sampai sekarang kami belum menemukan (keberadaan handphone) dan masih kami cari," tutur Argo.

H dan HA sampai saat ini masih berstatus sebagai saksi. 

Keduanya disorot menyusul viralnya video mesum yang diperankan mereka. Video itu beredar luas di media sosial pada Oktober lalu.

Penyebaran video mesum itu diusut pihak kepolisian lantaran diduga melanggar UU ITE dan Pornografi.

Ide merekam video tersebut juga diketahui berasal dari H. Argo mengatakan, pihaknya masih menyelidiki apakah ada unsur pelanggaran Undang-Undang ITE atau tidak terhadap penyebaran video tersebut.

(wis/djm)