Museum Bahari Terbakar, Rapat Antisipasi Baru Digelar Semalam

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 15:28 WIB
Museum Bahari Terbakar, Rapat Antisipasi Baru Digelar Semalam Disparbud DKI Jakarta pada Senin (15/1) malam baru rapat antisipasi bencana di tempat wisata bersejarah, termasuk museum. Pagi tadi, Museum Bahari terbakar. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Museum Bahari terbakar pada Selasa (16/1) pagi. Kejadian itu belum genap satu hari setelah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menggelar rapat antisipasi bencana di tempat wisata bersejarah ibu kota.

Rapat tersebut dipimpin Kepala Disparbud DKI Jakarta Tinia Budiati pada Senin (15/1) malam. Rapat tersebut juga membahas antisipasi kebakaran di sejumlah museum, termasuk Museum Bahari, Jakarta Utara.

"Sebenarnya kalau bicara antisipasi, tadi malam Ibu Kadis memimpin rapat soal itu. Jadi baru rapat tadi malam, paginya kejadian," kata Anies usai meninjau lokasi kebakaran, Selasa (16/1).


Dengan demikian, lanjut Anies, Pemprov DKI sudah mengantisipasi dengan menyiapkan alat mitigasi bencana di museum dan bangunan bersejarah lainnya.

"Ternyata takdirnya muncul pagi. Tapi Insya Allah dari kondisi ini menjadi pelajaran untuk kita mengamankan semuanya," kata Anies.

Mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, Museum Bahari menyimpan koleksi kebaharian dan kenelayanan Indonesia. Menurut Anies, museum itu sudah diasuransikan.

Museum Bahari Terbakar, Rapat Antisipasi Baru Digelar SemalamGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua dari kiri) meninjau kebakaran di Museum Bahari, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Terlebih, museum itu dibangun sejak tahun 1771 dan selama itu menjadi tempat penyimpanan rempah-rempah VOC. Peninggalan di dalamnya harus dilestarikan dan dirawat dengan baik.

"Jadi, ini salah satu gedung memang punya catatan sejarah panjang. Nah, di Jakarta tempat-tempat seperti ini kami amankan, nanti kita akan pasti review semuanya," kata Anies.

Museum Bahari terbakar saat gedung belum didatangi pengunjung. Berdasarkan informasi yang diterima dari Kantor Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, museum yang berada di Jalan Pasar Ikan, Penjaringan itu dilaporkan terbakar pada pukul 08.55 WIB.

Belum diketahui penyebab dari kebakaran museum yang merupakan bangunan bekas peninggalan VOC tersebut.

[Gambas:Video CNN] (pmg/djm)