Lebih dari Seribu Bangunan di Lebak Rusak Akibat Gempa

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 23/01/2018 23:44 WIB
Lebih dari Seribu Bangunan di Lebak Rusak Akibat Gempa Bupati Lebak Iti Octavia memastikan ada lebih dari seribu unit bangunan rusak akibat gempa bumi Selasa (23/1) dan terdampak di 18 kecamatan. (CNN Indonesia/Yandhi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyebut lebih dari seribu unit bangunan di daerahnya rusak akibat gempa bumi 6,1 skala richter yang terjadi pada Selasa (23/1) siang.

“Kerusakan rumah dan infrastruktur lain: 1.158 unit, [terdiri dari] 857 rusak ringan, 164 rusak sedang, 137 rusak berat,” kata Iti kepada CNNIndonesia.com, melalui pesan singkat, Selasa (23/1).

“Data sementara, [gempa bumi] terdampak di 18 kecamatan, 62 desa, 92 lokasi atau kampung. Masih terus diperbaharui datanya,” lanjut Iti.


Sebelumnya Iti mengatakan, dari ribuan bangunan tersebut, sebanyak 490 unit merupakan rumah penduduk.

Jumlah rumah rusak berat berada di Kecamatan Cilograng, mencapai 42 unit. Lalu di Kecamatan Bayah berjumlah 23 unit.

Di sisi lain, data terbaru dari Pemprov Banten menyebut 10 orang menderita luka ringan akibat kejadian gempa yang getarannya terasa hingga Jakarta, Bandung, dan Garut itu.


"Ada kemungkinan dampak gempa bertambah dan diharapkan tidak berdampak signifikan," kata Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy, Selasa (23/1).

Pemprov pun menyebut akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pandeglang untuk menyalurkan bantuan ke korban bencana gempa bumi.

Posko pasca bencana rencananya akan dibangun di lokasi strategis guna memastikan kodisi warga korban gempa dapat tertangani dengan baik.

[Gambas:Video CNN]

“Masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. Diharapkan masing-masing warga tetap menjaga keluarganya," kata Andhika.

Sebelumnya, Iti menyabut dapur umum pun telah didirikan Pemkab Lebak untuk menyediakan kebutuhan makanan dan minuman bagi korban gempa bumi.

"Dapur umum di tiap titik sulit, kami sebar di setiap desa dan kecamatan, kami juga punya relawan Lebak tangguh. Pengungsi belum ada. Dapur umum di Bayah, Cilograng," papar Iti Octavia. (yan/end)