Libur Sekolah Jakarta Diwacanakan Mundur karena Asian Games

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Selasa, 13/02/2018 19:20 WIB
Libur Sekolah Jakarta Diwacanakan Mundur karena Asian Games Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bakal mengubah libur panjang anak sekolah demi menyukseskan Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan ada rencana perubahan jadwal libur anak sekolah di Jakarta demi pelaksanaan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Jika libur tahunan anak sekolah umumnya berlangsung pada Juli, tak menutup kemungkinan libur akan mundur menjadi Agustus.

"Jadi mempertimbangkan, boleh enggak ditukar liburnya anak sekolah. Bukan diliburkan. Kalau mestinya libur Juli kita jadikan Agustus," ujar JK di kantor wakil presiden, Selasa (13/2).
Rencana mengubah jadwal libur ini, kata JK, merupakan upaya untuk melancarkan kondisi lalu lintas saat pertandingan Asian Games berlangsung.

Pasalnya, dalam uji coba lalu lintas menuju venue Asian Games beberapa waktu lalu, terdapat kelebihan waktu tempuh dalam perhitungan jarak atlet menuju lokasi.

"Lalu lintas yang diisyaratkan 35 menit harus sampai. (Dari hasil uji coba) ada yang 40 menit sampai 50 menit, jadi butuh rekayasa lalu lintas lebih baik lagi," katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menyatakan wacana meliburkan anak sekolah saat gelaran Asian Games 2018 tak akan diberlakukan secara keseluruhan.

Ia menyatakan jika rencana itu dilakukan, sekolah yang akan libur hanya yang berada di lokasi terdampak yakni di sekitar kampung atlet, arena, atau di rute lintasan kedua tempat tersebut.

Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan menggelar semua pertandingan di DKI Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan). Gelaran kejuaraan multiolahraga se-Asia ini bakal berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018.

Upacara pembukaan dan penutupan Asian Games pada 18 Agustus mendatang sejauh ini direncanakan digelar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. (wis)