Rayakan Imlek, Sudirman Said Ikut Menyalakan Lilin di Altar

Damar Sinuko, CNN Indonesia | Sabtu, 17/02/2018 01:59 WIB
Rayakan Imlek, Sudirman Said Ikut Menyalakan Lilin di Altar Cagub Jateng Sudirman Said mengunjungi Klenteng Tay Kak Sie, Semarang, saat Tahun Baru Imlek. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Semarang, CNN Indonesia -- Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said ikut merayakan Tahun Baru Imlek dengan menyambangi Kelenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, Semarang. Dia sempat menyalakan lilin di altar.

Kedatangan Sudirman didampingi Ketua DPC PKB Kota Semarang Soemarmo. Mereka disambut Ketua Yayasan Tay Kak Sie Tanto Hermawan.

Sudirman pun diajak keliling area kelenteng tertua di kawasan pecinan Semarang tersebut. Sejumlah warga Tionghoa tampak tengah bersembahyang di kelenteng itu.


Pada kesempatan tersebut, Sudirman mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 'Gong Xi Fa Cai' kepada segenap umat yang berada di Kelenteng Tay Kak Sie dan warga Tionghoa pada umumnya.


Sebagai penghormatan balik, pihak kelenteng meminta Sudirman menyalakan lilin di altar yang memiliki simbol kedamaian dan rezeki yang berlimpah di rumah.

"Terima kasih saya diberi kesempatan menyalakan lilin yang menyimbolkan kedamaian rumah dan rezeki yang banyak. Kami bersyukur bisa berkunjung di hari spesial ini dan bisa ikut merayakannya bersama," kata Sudirman.

Dia menyampaikan Jawa Tengah adalah rumah bagi beragam budaya, etnis, dan agama. Sudirman bertekad melindungi keberagaman tersebut sebagai modal sosial yang harus dijaga.

"Perbedaan, keanekaragamanlah yang membuat bangsa ini besar. Karena itu wajib hukumnya menjaga keberagaman itu," kata mantan Ketua Tim Sinkronisasi Anies Basweda-Sandiaga Uno ini.


Sebelum ke Kelenteng, Sudirman salat Jumat di Masjid Agung Kauman, Semarang, sekaligus bersilaturahmi dengan jamaah dan takmir masjid.
Dia mengunjungi masjid itu karena dianggap sebagai masjid bersejarah yang dibangun Sunan Pandanaran.

"Ini kunjungan silaturahim biasa. Saya sudah mengunjungi beberapa masjid bersejarah di Jawa Tengah kebetulan ke sini belum," kata Sudirman.

Kunjungan silaturahmi Sudirman ini mendapat sambutan hangat dari takmir masjid dan membalasnya dengan mendoakan Sudirman Said agar cita-citanya membangun Jawa Tengah tercapai. (pmg)