Fokus Elektabilitas, Rapim Demokrat Tak Bahas Capres-Cawapres

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Minggu, 11/03/2018 01:41 WIB
Waketum Partai Demokrat menyebut rapim Demokrat tak bahas capres dan cawapres tapi fokus pada peningkatan elektabilitas partai di pemilu 2019. Ilustrasi Partai Demokrat (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengatakan tidak ada pembahasan topik pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang diselenggarakan selama dua hari, 10 hingga 11 Maret.

"Rapimnas ini tak membicarakan masalah capres. Jadi belum saatnya," kata Syarief di sela-sela Rapimnas Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (10/3).

Menurutnya, Demokrat akan fokus untuk meningkatkan elektabilitas partai dan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), lebih dahulu hingga waktu pendaftaran pasangan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tiba pada Agustus mendatang.


Syarief berkata, Demokrat memasang angka 15 persen sebagai target elektabilitas partai di Pemilu 2019.

"Jadi empat atau lima bulan ini tugas seluruh kader adalah bagaimana agar bisa elektabilitas partai bisa lebih naik. Begitu pun AHY, naik juga," katanya.

Lebih dari itu, penghuni Komisi I DPR RI itu pun menyatakan pihaknya terus membangun komunikasi dengan semua partai politik, termasuk dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) seputar wacana pembentukan poros baru di luar pengusung Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai capres.

"Pokoknya semua komitmen partai kami komunikasikan," ujarnya.

Rapimnas Partai Demokrat 2018 resmi dibuka pada hari ini oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah pejabat negara dan tokoh nasional pun terlihat turut hadir dalam acara pembukaan acara antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan mantan Wakil Presiden Boediono.

Acara yang digelar selama dua hari ini dihadiri lebih dari 10 ribu kader Demokrat dari seluruh Indonesia dari level pusat, daerah, cabang hingga anak cabang (PAC) atau setingkat kecamatan.

Dalam Rapimnas 2018 ini, Demokrat akan membahas strategi dan upaya pemenangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serta Pemilu dan Pilpres 2019.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron memastikan Rapimnas Demokrat 2018 tidak bakal mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2019.

"Apakah deklarasi atau tidak saya kira tidak ada, di dalam rundown tidak ada," ujarnya.
(eks/eks)