Jokowi Kunjungi Pesantren, Warga Minta Tambahan Modal

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 12:40 WIB
Jokowi Kunjungi Pesantren, Warga Minta Tambahan Modal Presiden Jokowi saat meresmikan Bank Wakaf Mikro An-Nawawi di Serang, Banten, pada Rabu (14/3). (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo 'ditodong' seorang ibu ketika mengunjungi Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Rabu (14/3) pagi.

Peristiwa ini terjadi di sesi tanya jawab antara nasabah Bank Wakaf dengan Presiden Jokowi usai acara peresmian Bank Wakaf Mikro.

Jokowi saat itu memberi kesempatan kepada nasabah Bank Wakaf yang hadir bertanya langsung kepadanya atau Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengenai proses pinjaman.


Kesempatan itu tidak disia-siakan Bahiya, seorang ibu warga Kampung Tanara.

"Kira-kira kalau minta tambahan modal dapat enggak dari bapak?" tanya Bahiya kepada Jokowi.

Jokowi, Wimboh, bahkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin langsung tertawa mendengar hal itu.

"Kok tambahan modal dari saya gimana ini? Ini ibu-ibu disiapkan Bank Wakaf Mikro oleh pemerintah ini digunakan sebaik-baiknya. Jangan tambahannya dari saya," kata Jokowi sambil tertawa.


Ia menjelaskan, pinjaman awal yang diberikan Rp1 juta kepada nasabah di sana bisa dicicil Rp26 ribu per minggu tanpa bunga. Dana itu diharapkan bisa mengembangkan usaha masyarakat.

Jokowi juga menyatakan para nasabah dapat meminjam lebih besar sekitar Rp2 juta apabila pinjaman awal telah dilunasi dan usaha terlihat berkembang.

"Kalau tidak berkembang sulit mendapatkan tambahan dari sini. Enam bulan berkembang bagus ditambah lagi. Yang kita harapkan itu," ujarnya.

"Jangan tambahan minta dari Presiden," kata mantan Wali Kota Solo ini.

(wis)