Alasan Jokowi Rajin Kunjungi Pesantren

Antara & Agustiyanti, CNN Indonesia | Minggu, 11/03/2018 12:01 WIB
Presiden Joko Widodo sering kali menyempatkan diri berkunjung ke pesantren. Salah satu alasannya, pesantren merupakan tempat membangun karakter bangsa. Pesantren, menurut Presiden Joko Widodo, menjadi tempat yang sangat baik untuk membangun akhlak, sikap, perilaku, etika, nilai-nilai, dan norma. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan dirinya kerap mengunjungi pondok pesantren. Salah satunya, karena pesantren dinilai sebagai pendukung utama pembangunan karakter bangsa.

"Setiap ke daerah saya selalu berkunjung ke dua, tiga pondok pesantren untuk melihat secara langsung kehidupan pondok pesantren dan berdialog dengan para pimpinan pondok, para Kyai," kata Jokowi di Bogor, dikutip dari Antara, Minggu (11/3).


Pesantren, menurut Jokowi, menjadi tempat yang sangat baik untuk membangun akhlak, sikap, perilaku, etika, nilai-nilai, dan norma. Dengan masuk ke pesantren dan bertukar pikiran dengan para pimpinan pondok pesantren, Ia pun mengaku jadi lebih paham masalah yang tengah dihadapi pondok pesantren.


"Semakin sering masuk ke pondok-pondok pesantren, memang (dilihat) perlu perhatian dari pemerintah, terutama dari sisi fasilitas-fasilitas, kemudian tentang pengembangan ekonomi umatnya di lingkungan pondok," katanya.


Pesantren, menurut Jokowi, sebenarnya dapat menjadi sarana bagi pengembangan ekonomi umat. Untuk itu, ia juga tengah mendorong pondok pesantren untuk mendorong bisnis yang ada sekitar pondok, sehingga bisa mendorong ekonomi umat. (agi)