DPRD DKI Akan Ajukan Raperda Naturalisasi Sungai

CTR, CNN Indonesia | Sabtu, 17/03/2018 19:43 WIB
DPRD DKI Akan Ajukan Raperda Naturalisasi Sungai Suasana rumah warga di bantaran sungai Ciliwung di Pejaten Timur, Pasar Minggu. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Zainuddin alias Oding mengatakan DPRD DKI Jakarta berencana mengajukan rencana peraturan daerah soal lingkungan, khususnya soal normalisasi sungai-sungai di Jakarta.

Pernyataan itu dilontarkan Zainuddin yang juga Ketua Banus Betawi itu saat menghadiri Festival Sangga Buana, di Hutan Kota Sangga Buana, Jakarta Selatan, Sabtu (17/3). Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga hadir di acara yang memamerkan budaya Betawi itu.

"Sudah saatnya kita mengajukan Perda naturalisasi dan peradaban 13 sungai di Jakarta," kata Zainuddin di Hutan Kota Sangga Buana Jakarta, Sabtu (17/3).

Menanggapi rencana itu, Sandi mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi akan mengkaji hal tersebut.
Menurut Sandi Perda naturalisasi sungai tersebut sangat diperlukan untuk menjaga lingkungan Jakarta.

"Ketua Bamus Betawi Bapak Haji Oding tadi mengusulkan melihat ini salah satu yang baik bagaimana caranya kearifan lokal disatupadukan dengan naturalisasi sungai," terang dia.

Berkaitan dengan naturalisasi sungai, Sandi menekankan bahwa DKI akan mengkaji terlebih dahulu soal pilihan betonisasi atau naturalisasi. Sebab Sandi merasa sejumlah daerah di Jakarta tak perlu diberikan beton.

"Kalau daerah sini enggak cocok dibeton tempatnya sangat landai. Ada bronjong tapi dengan adanya bronjong ekosistem lebih hidup dan ikan lebih lestari," ujar Sandi.

Sandi juga menegaskan penolakan betonisasi di sejumlah daerah sejalan dengan pemikiran Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Sandi mengatakan Menteri Susi menilai betonisasi hanya akan mempercepat laju air.

"Bakal jadi sedimentasi dan ini akan jadi siklus yang tidak sehat. Itu jauh lebih optimal dari segi penanggulangan sumber daya air dan manajemen pengelolaan air," katanya.

Untuk menjalin kerjasama soal naturalisasi Sungai, DKI, Kata Sandi, akan bekerjasama dengan daerah penyangga.

"Pak Anies sudah bekerjasama antar daerah seperti Bogor dan daerah lainnya," tutup dia.
(ugo/ugo)