Sandiaga Tertibkan Hewan Kurban Iduladha Demi Asian Games

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 09:25 WIB
Sandiaga Tertibkan Hewan Kurban Iduladha Demi Asian Games Wagub DKI Sandiaga Uno menyatakan akan mensterilisasi sekitar arena pacuan kuda Asian Games dari hewan kurban dan penyembelihan saat Idul Adha nanti. (ANTARA FOTO/Reno Esnir).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan menertibkan hewan-hewan kurban dan penyembelihan saat Hari Raya Iduladha agar tak mengganggu pelaksanaan Asian Games 2018. Perayaan Iduladha yang jatuh pada 22 Agustus 2018 akan berbarengan dengan gelaran festival olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Terkait hal ini, Pemprov DKI mulai menata agar kuda-kuda di sekitar arena berkuda atau equastrian tak terganggu dengan kehadiran hewan-hewan kurban seperti sapi dan kambing yang akan disembelih saat perayaan Iduladha nanti.

Sandi pun menyebut telah memberikan instruksi khusus agar tak ada penyembelihan hewan kurban di sekitar kawasan equestrian itu.


"Kami akan sterilisasi. Radiusnya kemarin ini ditetapkan satu kilometer, tapi sepertinya akan ditambah yah, nanti kami lihat lagi," kata Sandi di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa Malam (27/3).

Sandi mengatakan sterilisasi seputaran equestarian dari hewan-hewan kurban juga dimaksudkan untuk menjaga kesehatan kuda-kuda atlet. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencegah agar darah-darah hewan kurban tak tercium oleh kuda-kuda yang bisa menimbulkan keresahan dan stres.

"Agar tak stres dan resah, jadi harus steril dan jangan sampai mencium bau darah," katanya.

Sandi tak ingin kuda-kuda itu terserang virus atau terganggu kesehatannya karena kehadiran hewan kurban. Untuk itu, pencegahan dengan sterilisasi ini dilakukan karena selain sudah ada aturan dari pihak asuransi, para kuda tersebut juga telah diasuransikan dengan jumlah premi yang tak sedikit. Belum lagi harga untuk satu kuda saja yang bisa mencapai miliaran rupiah.

"Ngeri yah, kuda satunya bisa miliaran. Makanya takut kalau kenapa-kenapa," kata dia.

Tindak lanjut steriliasi ini, Sandi mengatakan Pemprov DKI sudah menyiapkan beberapa lokasi khusus yang akan jadi pusat tempat pemotongan hewan kurban. Namun lokasi-lokasi itu masih dalam pertimbangan sehingga belum bisa disebutkan.

"Ada beberapa lokasi, tapi saya masih perlu pertimbangan juga dari ulama dan dari para pedagang juga, jadi belum bisa sebutkan tempat pastinya di mana," kata Sandi. (osc/wis)