Polisi Tangkap Eks Anggota DPR terkait Sabu

JNT, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 18:27 WIB
Polisi Tangkap Eks Anggota DPR terkait Sabu Arbab yang merupakan advokat pernah terlibat dalam kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Foto: Thinkstock/Sanny11
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Subdit II Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya menangkap mantan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2004-2009, Arbab Paproeka, karena kasus narkotik. Arbab diduga menggunakan narkotika jenis sabu.

"Ya benar telah kami tangkap. Tersangka menggunakan narkotika jenis sabu," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (16/4)

Arbab ditangkap pada pada Jumat (13/4) pekan lalu pukul 22.25 WIB di sebuah apartemen di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Argo mengatakan polisi mendapat informasi dari masyarakat.

"Setelah menerima informasi dari masyarakat, Unit IV dipimpin langsung oleh Kanit melakukan penyelidikan, kemudian melakukan penangkapan di Apartemen D Mantion Tower Capilano, Kemayoran, Jakarta Pusat," kata Argo


Dalam penangkapan di apartemen itu polisi menyita beberapa barang bukti. Yaitu satu plastik klip sabu seberat 0,8 gram, satu set alat isap sabu (bong), enam korek api, dan empat sedotan.

Arbab yang merupakan advokat pernah terlibat dalam kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Arbab disebut menjadi perantara saat Akil meminta uang Rp6 miliar kepada salah satu calon Bupati Buton, Sulawesi Tenggara, Samsu Umar Abdul Samiun. Kasus penanganan perkara Pilkada Buton itu disidangkan di MK 2011 silam.

Arbab disebut sebagai saksi kunci dalam kasus dugaan suap sengketa Pilkada Buton di MK yang melibatkan Akil dan Bupati Buton non aktif Samsu Umar Abdul Samiun. (ayp)