Uji Kemampuan, Anies Lempari Personel Satpol PP Pakai Batu

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 11:39 WIB
Uji Kemampuan, Anies Lempari Personel Satpol PP Pakai Batu Anies Baswedan peringati HUT Satpol PP DKI Jakarta ke-68. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melemparkan batu kepada para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pelemparan batu tersebut dilakukan dalam rangka simulasi pengamanan oleh petugas Satpol PP dalam acara HUT Ke-68 Satpol PP di Kawasan Monas, Kamis (26/4).

Tak hanya Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pun ikut serta melempari petugas Satpol PP dengan batu yang memang telah disediakan untuk.



Tujuan pelemparan batu oleh Anies dan Sandi tersebut dalam rangka menguji kekuatan formasi perlindungan dan pertahanan petugas Satpol PP dalam setiap menjalankan tugas.

Dalam kesempatan itu, Anies menyebut para petugas Satpol PP perempuan sebagai ujung tombak dalam rangka penertiban dan penegakkan aturan di wilayah Jakarta.

"Satpol PP perempuan menjadi salah satu ujung tombak yang mudah-mudahan bisa membawa suasana baru," kata Anies.


Anies pun berkeinginan ingin lebih menonjolkan peran Satpol PP perempuan dalam berbagai tugas penertiban dan penegakkan hukum.

Selain itu, ia berharap agar petugas Satpol PP tetap mengedepankan ketegasan dalam bertugas tetapi juga tetap menjunjung tinggi tata adat yang baik serta menjauhi tindak kekerasan.

"Itu yang kita inginkan," ujar Anies.

Anies berharap peran Satpol PP perempuan ditonjolkanFoto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Anies berharap peran Satpol PP perempuan ditonjolkan

Lebih lanjut, Anies meminta Satpol PP untuk tidak menggunakan kekerasan atau kekuatan fisik dalam rangka melakukan penertiban maupun menutup tempat hiburan malam.

"Justru kita mengedepankan pendekatan legal dan pemeriksaannya pun kita menonjolkan justru peran Satpol PP perempuan," tuturnya.

Anies pun menekankan pembinaan terhadap Satpol PP perempuan akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memberikan berbagai pelatihan.

"Karena kita melihat justru ada aspek lain yang selama ini terlewatkan," kata Anies.


Di Jakarta sendiri, Satpol PP Perempuan sudah mulai dlibatkan dalam berbagai tugas penertiban maupun penutupan tempat hiburan.

Di antaranya saat melakukan penutupan di Hotel dan Griya Pijat Alexis, Diskotek Exotic, serta Sense Karaoke.

(DAL/DAL)