Jokowi ke Banten, Ruas Jalan Mendadak 'Disulap' Mulus

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 11/05/2018 20:52 WIB
Jokowi ke Banten, Ruas Jalan Mendadak 'Disulap' Mulus Kedatangan Presiden Jokowi ke Banten, Jumat (11/5), membuat jalanan di sejumlah wilayah mendadak diperbaiki. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Cilegon, CNN Indonesia -- Sejumlah ruas jalan di Kota Cilegon, Banten, menjadi mulus menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo ke kota Baja untuk menghadiri HUT ke-93 Al-Khairiyah.

Jokowi yang datang menggunakan helikopter super puma, turun di Lapangan Semampir, untuk menuju ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Khairiyah. Sementara jalanan di daerah Tegal Wangi dan Sumampir yang tadinya berlubang dan bergelombang, kini dilapisi aspal baru.

"Faedahnya, kan, jalanan di Kota Cilegon jadi bagus. Itu lihat aja, kan," kata Ali Mujahidin, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Al-Khairiyah, di Kota Cilegon, Banten, Jumat (11/05).


Jokowi dalam kunjungannya itu berjanji menjadikan Pendiri Yayasan Al-Khairiah KH Syamun menjadi pahlawan nasional. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin yang hadir dalam acara itu mendukung rencana Jokowi menjadikan KH Syamun menjadi pahlawan nasional karena belum ada pahlawan asal Banten.

Bagi KH.Ma'ruf Amin, sosok Brigjen KH.Syam'un, pendiri Al-Khairiyah telah memberi contoh bagi bangsa Indonesia mengenai jihad yang benar menurut Islam.

"Sekarang, makna jihad harus kita ubah, yakni perbaikan-perbaikan di semua aspek. Kita lanjutkan semangat KH.Syamun bukan dengan angkat senjata, tapi dengan perbaikan di semua pihak," kata KH.Ma'ruf Amin, Ketua Umum (Ketum) MUI, ditempat yang sama, Jumat (11/05/2018).

Menurutnya, tak ada Kiai yang menjadi Jenderal. Begitupun sebaliknya, tak ada Jenderal yang menjadi Kiai. Baru Brigjen KH.Syam'un, pria asli Banten, seorang ulama besar yang menjadi Jenderal TNI. (yan/wis)