Anies Akan Kumpul dengan Tokoh dan Ulama Jelang Tarawih Akbar

DHF, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 17:16 WIB
Anies Akan Kumpul dengan Tokoh dan Ulama Jelang Tarawih Akbar Sebelum tarawih akbar yang digelar Sabtu (26/5), Gubernur Anies Baswedan mengundang sejumlah tokoh dan ulama untuk berkumpul terlebih dulu di Balai Kota DKI. (CNN Indonesia/Dhio Faiz).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana untuk berkumpul dengan para tokoh masyarakat dan agama Jakarta terlebih dulu sebelum menghadiri salat tarawih akbar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyampaikan akan mengundang para tokoh dan ulama untuk bertemu di Balai Kota DKI sebelum tarawih akbar digelar. Namun Anies tak menjelaskan lebih lanjut perihal maksud dan tujuan berkumpul dengan tokoh dan ulama sebelum tarawih tersebut.

"Tokoh-tokoh dari seluruh Jakarta, enam wilayah semuanya diundang dan nanti akan ada pertemuan dulu dengan para tokoh itu sebelum magrib. Lalu sesudah itu kita bareng-bareng ke Istiqlal," ujar Anies di Masjid As Salam Joglo, Jakarta Barat, Jumat (25/5).



Anies berharap warga Jakarta akan menghadiri salat tarawih akbar yang akan dilaksanakan esok hari. Dia mengatakan acara ini sebagai ajang penguatan silaturahmi seluruh elemen Jakarta. Selain itu, Anies juga menyatakan tak ada persiapan khusus dari Pemprov DKI Jakarta terkait gelaran ini.

"Oh tidak ada yang khusus, ini kegiatan tarawih biasa. Warga yang datang juga kami yakin datang dengan niat untuk salat tarawih sama-sama," ujar bekas Rektor Universitas Paramadina ini.

Sebelumnya, Anies dan Sandiaga Uno mengumumkan Pemprov DKI akan menggelar salat tarawih akbar di Monumen Nasional (Monas), Sabtu (26/5). Namun rencana itu batal setelah tokoh beberapa organisasi Islam mengkritik niatan itu. Mereka menilai ada unsur politis dari rencana itu.

Akhirnya Anies-Sandi menggeser perhelatan tersebut dari Monas ke Masjid Istiqlal. (osc/kid)