Pemprov DKI Bangun Bioskop Rakyat Usai Lebaran

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Sabtu, 02/06/2018 21:08 WIB
Pemprov DKI Bangun Bioskop Rakyat Usai Lebaran Ilustrasi bioskop rakyat. (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah provinsi DKI Jakarta bakal membangun bioskop rakyat di tiga lokasi pasar usai lebaran, yakni di Pasar Kenari, Pasar Baru, dan Pasar Teluk Gong. Pembangunan itu akan menjadi tanggung jawab PD Pasar Jaya yang membawahi pasar-pasar di Jakarta.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arif Nasrudin mengatakan konsep bioskop rakyat ini tak berbeda jauh dengan bioskop yang ada selama ini. Hanya saja harga tiketnya jauh lebih murah yaitu berkisar antara Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

"Memang dibuat supaya menjangkau masyarakat menengah ke bawah. Jadi kami enggak mengurangi kualitas visualnya, kami buat semaksimal mungkin supaya masyarakat merasakan yang baik ketika ke bioskop yang menengah ke atas," ujar Arif saat ditemui di Pasar Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (2/6).

Pembangunan bioskop rakyat telah direncanakan sejak 2017 dan dijadwalkan akan beroperasi seperti bioskop pada umumnya dengan jam yang telah ditentukan.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjanjikan fasilitas di bioskop rakyat sama seperti bioskop pada umumnya, meski harga tiket lebih murah. Ia pun berharap bioskop rakyat itu juga menyediakan makanan dan minuman dari usaha-usaha kecil milik masyarakat.

"Kita harus pastikan nanti ada makanannya. Popcorn-nya mungkin agak sakit gigi ya, kemudian minuman itu betul-betul dari masyarakat," selorohnya.

Bioskop itu rencananya akan dibangun di delapan titik. Namun pihak Pasar Jaya baru memastikan tiga tempat yang akan dibangun tersebut.

Bioskop ini ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah terutama pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU).


(vws)