Puncak Arus Mudik Stasiun Pasar Senen Diperkirakan H-2

SAH, CNN Indonesia | Kamis, 07/06/2018 06:32 WIB
Puncak Arus Mudik Stasiun Pasar Senen Diperkirakan H-2 PT KAI memprediksi puncak arus mudik 2018 di Stasiun Pasar Senen terjadi pada 13 Juni. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP I Edy Koeswoyo memperkirakan puncak arus mudik di Stasiun Pasar Senen jatuh pada 13 Juni 2018 atau H-2 Idul Fitri.

Dia mengatakan jumlah penumpang kereta api pada hari itu diprediksi akan mencapai 24 ribu penumpang.

"Puncaknya diprediksi tanggal 13 Juni. Kurang lebih untuk stasiun Pasar Senen 24 ribu dibanding hari biasa yang hanya 18 ribu sampai 20 ribu," ujar Edy di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (6/6).


Sementara itu pada H-9 lebaran, Selasa (5/6) kemarin jumlah penumpang yang berangkat dari Pasar Senen mencapai 21.281 orang. Sedangkan saat CNNIndonesia.com, menyambangi lokasi sekitar pukul 15.00 WIB data keberangkatan penumpang H-8, atau Rabu (6/6) belum selesai dihitung.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sejumlah pemudik sudah mulai memadati Stasiun Pasar Senen. Ruang tunggu penumpang pun terpantau penuh. Alhasil, banyak penumpang yang memutuskan untuk menunggu di area parkir dan pelataran Stasiun Pasar Senen.

Edy mengatakan membludaknya penumpang tersebut sudah diantisipasi. 

"Kami telah membagi tiga zona untuk mengantisipasi membeludaknya arus. Zona tiga adalah arena ini (pelataran stasiun dan area parkir), zona dua ruang tunggu, dan zona satu di peron," terang dia.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pengamanan gabungan mulai dari TNI, Polisi, dan petugas PT KAI sekitar 70 personel.

"Itu kami siapkan pengamanan mulai dari Polsek, Polres, Garnisun, TNI, dan petugas jumlahnya sekitar 60 sampai 70 per hari," ujar dia. (osc/osc)