Kawanan Monyet Liar Serang Warga Jatiasih

Antara, CNN Indonesia | Jumat, 22/06/2018 13:55 WIB
Satwa liar itu meresahkan warga, dan membuat petugas keamanan kompleks Pondok Mitra Lestari mendapat empat jahitan karena tangannya digigit. Satwa liar itu meresahkan warga, dan membuat petugas keamanan kompleks Pondok Mitra Lestari mendapat empat jahitan karena tangannya digigit. (Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML) Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, belakangan ini resah oleh kehadiran sejumlah monyet liar. Bahkan, satwa itu menyerang sejumlah orang di kompleks itu hingga luka karena digigit.

"Seorang petugas keamanan kita bernama Abdul Aziz (30) dijahit tangan kanannya karena digigit monyet liar itu pada Kamis (21/6) sore," kata Plt Ketua RW.13 Perumahan PML, Rio Budianto, di Bekasi, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (22/6).

Menurut Rio, akibat gigitan monyet liar itu tangan Aziz harus mendapatkan empat jahitan, karena taring satwa itu menancap dengan kedalaman sekitar dua sentimeter.



Kejadian itu berawal ketika korban tengah berada di Pos RT.03/RT04 PML. Saat itu seekor ada monyet liar tengah membuntuti rekan korban sesama Satpam bernama Miit.

"Saat keduanya tengah berbincang, tiba-tiba monyet liar yang belum diketahui jenisnya itu menyerang korban secara brutal hingga tangannya kena gigitan dan mengalami pendarahan," katanya.

Korban kemudian dilarikan ke klinik terdekat untuk dijahit lukanya hingga diberikan obat antitetanus. Rio mengatakan, kehadiran monyet liar di lingkungannya itu memang sudah meresahkan warga, khususnya para ibu rumah tangga.


"Kalau yang pernah saya lihat secara kasat mata, jumlahnya sekitar tiga ekor yang besar dan kecil. Monyet itu berkeliaran bebas di kompleks ini," katanya.

Kehadiran monyet liar yang belum diketahui asalnya itu kerap masuk ke sejumlah pekarangan rumah warga, terutama mereka yang memiliki pohon mangga dan pisang.

"Kebetulan kompleks kami ini banyak pohon mangga dan pisang. Pemiliknya juga banyak yang pernah diserang," katanya.


Rio berharap, instansi terkait dari Bidang Veteriner Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mau membantu menangkap monyet liar tersebut.

"Sebab terus terang, kami warga tidak punya kemampuan untuk menangkap," katanya. (ayp/ayp)