Anies Anggap Kali Item Warisan dari Pemerintah DKI Sebelumnya

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 24/07/2018 13:06 WIB
Anies Anggap Kali Item Warisan dari Pemerintah DKI Sebelumnya Anies Baswedan enggan dipersalahkan terkait polusi yang mendera Kali Item di samping Wisma Atlet. Ia menyatakan itu adalah warisan pemerintahan yang lalu. (CNNIndonesia/Hesti Rika Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Kali Sentiong atau dikenal masyarakat dengan sebutan Kali Item di samping Wisma Atlet, Kemayoran merupakan warisan dari pemerintah yang lalu.

Sebab, kata Anies air di kali tersebut sudah berwarna hitam sejak bertahun-tahun sebelumnya.

"Kali itu sudah item sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memperhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item," ujar Anies di Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7).



Terkait kali yang menjadi sorotan jelang Asian Games karena bersebelahan dengan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, Anies mengatakan pemerintahan sebelumnya tidak pernah memerhatikan kali tersebut.

"Sekarang saya sampaikan kepada semua, coba dulu dibereskan, kita enggak punya warisan masalah ini. Nah sekarang kenyataannya ada itu, sekarang kita bereskan," tuturnya.

Terkait persoalan Kali Item, apalagi jelang Asian Games yang akan digelar bulan depan, Anies menyatakan Pemprov DKI mempersiapkan sejumlah langkah. Salah satunya untuk meminimalisasi bau tak sedap yang keluar dari Kali Item.

"Kita buat langkahnya, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi, satu pemandangan, yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan," ujarnya.

Dengan langkah tersebut, Anies berharap dapat mengurangi bau tidak sedap saat pelaksanaan Asian Games mendatang.

"Insyaallah nanti akan bisa minimal aroma dari tempat itu tidak kuat lagi," ucap Anies.


Anies: Buruknya Kali Item sebagai Peninggalan Pemerintah LaluPetugas dari badan air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membersihakan Kali Item depan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, 20 Juli 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Pemprov DKI telah menutup Kali Item dengan menggunakan jaring hitam atau waring sejak pekan lalu. Nantinya, Dinas Kehutanan DKI juga akan menanam tanaman rambat guna memperindah tampilan kali item tersebut.

Pada 20 Februari lalu, Anies mengatakan terobosan untuk mengurangi aroma dan pemandangan tak sedap Kali Item agar tak mengganggu para delegasi Asian Games itu hasil diskusi dengan sejumlah pakar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan, katanya, dengan mengurangi proses penguapan dari air sungai tersebut.

"Dari situ lah muncul ide diberi kain jaring penutup untuk mengurangi penguapan akibat panas matahari," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/7).

"Jadi ini bukan soal menutup warna sungai yang hitam, tapi juga lebih banyak pada soal aroma. Ini salah satu usaha kita, nanti kita lihat lagi," sambungnya.

Nanti, setelah Asian Games selesai Anies pun berjanji sungai tersebut akan disterilisasi agar tak berwarna pekat dan penuh polusi.

"Terus ditambah akan ada tanaman di sisi-sisinya biar lebih cantik," kata Anies menjelaskan rencananya atas Kali Item.



(kid)