Prabowo Bangga Punya DNA yang Sama dengan SBY

Feri Agus, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 14:24 WIB
Prabowo Bangga Punya DNA yang Sama dengan SBY Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku memiliki gen yang sama dengan Ketua Umum Partai Demokrat SBY yang sama-sama mantan prajurit TNI. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku memiliki gen yang sama dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Yakni, eks prajurit TNI.

"Kami punya DNA yang sama; sebagai mantan TNI. Kami [ber]komit[men] pada Pancasila, UUD 45, NKRI," ujar dia, di kediamannya, di Jl. Kertanegara, Jakarta, Senin (30/7).

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo usai pertemuan tertutup dengan SBY. Dua elite politik itu bersepakat menjalin kerja sama untuk mewujudkan koalisi jelang Pilpres 2019.



"Saya sepakat dengan harapan beliau, bahwa apapun nanti harus mengutamakan rakyat. Jadi rakyat jadi fokus perjuangan kita, rakyat jadi tujuan," ucap Prabowo.

"Beliau [SBY] katakan, 'Mas Bowo, kalau Mas Bowo diberi mandat [menjadi] pimpinan negara ini, Mas Bowo harus pegang teguh, kepemimpinan Mas Bowo harus [untuk] kepentingan rakyat Indonesia. Dan saya terima penekanan itu, karena itu menjadi landasan," imbuh Prabowo.

Pada kesempatan itu, SBY menyebut posisi Prabowo sebagai calon Presiden. Meskipun, ia tak secara eksplisit menyatakan sudah berkoalisi dengan Prabowo.


"Ini pertemuan kedua. Dulu pertemuan pertama untuk kemungkinan Gerindra dan Demokrat koalisi. Hari ini saya mengatakan pintu itu semakin lebar. Insyaallah dengan izin Allah kita dipertemukan untuk itu. Kami datang dengan satu pengertian [bahwa] Pak Prabowo adalah calon Presiden kita," tuturnya.

Diketahui, jabatan terakhir Prabowo adalah Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal.

Senada, pangkat terakhir SBY adalah Letnan Jenderal dan pensiun dari kemiliteran saat sudah menjadi menteri.


Pertemuan ini merupakan bentuk balasan atas kedatangan Prabowo ke kediaman SBY di Cikeas dan Mega Kuningan, Selasa (24/7).

Ketika itu, SBY mengatakan peluang koalisi pihaknya dan Gerindra terbuka lebar.

(arh/gil)