Prasetio Ungkap Alasan Beri Buku Ahok Untuk Calon Wagub PKS

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/09/2018 10:16 WIB
Prasetio Ungkap Alasan Beri Buku Ahok Untuk Calon Wagub PKS Ketua DPRD DKI Prasetio berikan buku karya Ahok untuk kandidat Wagub DKI dari PKS. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengungkapkan alasan memberikan buku yang ditulis oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada kandidat Wakil Gubernur DKI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Buku yang berjudul Kebijakan Ahok tersebut diberikan Prasetio kepada Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi saat melakukan pertemuan di rumah dinasnya. Namun buku itu kemudian diberikan kepada kandidat wagub dari PKS yang saat itu ikut hadir yakni Agung Yulianto.

"Saya bilang ke mas Agung bahwa ada nih buku Kebijakan Ahok tentang penyusunan dan pengelolaan keuangan di DKI" kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (25/9) malam.


Selain memberikan buku Ahok sebagai pedoman, Prasetio juga berpesan kepada calon wagub untuk bisa meneruskan kebijakan atau warisan yang sudah baik dari pemerintahan sebelumnya.


Prasetio menuturkan jika memang ada kebijakan atau warisan dari pemerintah sebelumnya yang kurang baik, ia mengharapkan agar wagub yang nantinya terpilih bisa melakukan komunikasi dengan DPRD untuk mencari solusi yang tepat.

"Karena pemerintah provinsi itu ada eksekutif, ada legislatif," ujarnya.

Prasetio menyampaikan dalam pertemuan tersebut, PKS juga sekaligus memperkenalkan calon wagub yang diusungnya. Ia kemudian meminta kepada PKS jika memang nama yang diusulkan sudah resmi maka bisa segera membuat surat kepada gubernur untuk nantinya diserahkan kepada DPRD.

"Karena sampai sekarang kan nama-nama yang muncul cuma katanya-katanya saja," ucap Prasetio.


Hingga saat ini, PKS dan Gerindra sebagai partai pengusung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017 silam masih belum mencapai kata sepakat soal siapa yang akan diajukan untuk menduduki kursi DKI 2.

Prasetio pun berpesan agar PKS dan Gerindra segera menentukan sikap untuk mengisi jabatan Wagub DKI yang ditinggalkan oleh Sandi.

"Selesaikanlah penentuan kandidat ini dengan mekanisme yang baik agar kandidat terpilih nanti juga kandidat yang baik untuk Jakarta," katanya.


Sebelumnya, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi mengakui buku tersebut diberikan sebagai bekal untuk Agung yang merupakan kandidat cawagub dari PKS.

"Pak Agung kan cawagub ya, jadi perlu dibaca pemerintahan sebelumnya, termasuk dari pak Ahok, supaya yang baik itu dijalankan yang baik, semuanya kan ada kelebihan dan kekurangannya," tutur Suhaimi. (dis/DAL)