FOTO : Luluh Lantak Pesisir Pantai Talise Disapu Tsunami

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 15:12 WIB

Palu, CNN Indonesia -- Pantai Talise semula jadi atraksi wisata dan tempat masyarakat kota Palu bervakansi. Kini pantai itu luluh lantak karena terjangan tsunami.

Kondisi pesisir Pantai Talise pada Senin (1/10). Pantai di kota Palu, Sulawesi Tengah, ini diterpa tsunami pada Jumat petang yang disebabkan gempa berkuatan 7,4 SR yang berpusat di Donggala. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tsunami dan gempa bukan hanya meluluhlantakkan pesisir Pantai Talise dan Palu, tapi juga menewaskan lebih 800 orang. Data ini masih bisa bertambah, karena komunikasi ke Donggala dan Sigi masih terhambat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di beberapa titik di pesisir Pantai Talise, terlihat jalanan retak karena gempa. Masalah ini menyebabkan terhambatnya suplai bantuan ke titik-titik krusial.   (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bukan hanya menghadapi masalah bangunan yang runtuh, masyarakat kota Palu pun kekurangan pasokan BBM karena SPBU tak bisa beroperasi. BBM ini diperlukan masyarakat agar bisa mendatangi posko-posko bantuan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Beberapa hari setelah gempa, masyarakat kota Palu masih mendatangi titik-titik yang mengalami kerusakan parah. Ada yang mengevakuasi harta benda yang tersisa atau sekadar meratapi kota mereka yang luluh lantak. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tsunami yang tingginya diperkirakan 1,5 meter menerpa Pantai Talise dan membuat banyak barang-barang berpindah, mulai dari kendaraan, bahkan hingga kapal yang berpindah ke daratan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemerintah lokal dan pusat masih kesulitan untuk melakukan evakuasi karena kekurangan alat berat. Relawan dan Tim SAR pun sempat melakukan pencarian di reruntuhan bangunan hanya dengan menggunakan tangan dan peralatan seadanya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Bukan hanya kerusakan bangunan dan barang-barang, belasan ribu masyarakat Palu pun kini harus mengungsi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jembatan kuning Ponulele yang menjadi ikon dan juga kebangaan kota Palu juga roboh diterpa gempa. Hal ini menyebabkan terputusnya akses menuju Donggala, yang diprediksi memiliki kerusakan lebih parah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tanpa adanya jembatan kuning, tim SAR, BNPB, atau bantuan susah untuk sampai ke Donggala. Hingga H+3 gempa, pemerintah belum mendapatkan data akuran mengenai korban dan kerusakan di Donggala. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Di antara puing-puing bangunan, satu pohon masih berdiri tegak di bibir Pantai Talise. Semula daerah ini menjadi salah satu atraksi wisata kota Palu. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Warga mengevakuasi mayat korban gempa bumi dan tsunami di Pantai Talise, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Dengan masih terhambatnya jalur menuju Palu membuat warga harus melakukan evakuasi sendiri. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)