Polri: Dua Terduga Teroris Tanjungbalai Anggota JAD

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 19:17 WIB
Polri: Dua Terduga Teroris Tanjungbalai Anggota JAD Mabes Polri mengidentifikasi dua terduga teroris yang ditembak di Tanjungbalai, Sumater Utara, merupakan anggota kelompok Jamaah Anshor Daulah. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan dua terduga teroris yang ditembak di Tanjungbalai, Sumatera Utara merupakan anggota kelompok Jamaah Anshor Daulah (JAD).

Menurutnya, nama kedua terduga teroris adalah Hendry Syahli Manurung (26) dan M Rival Alwis alias Rivai alias Vai (21).

"Kedua tersangka merupakan jaringan kelompok teror JAD Tanjungbalai," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/10).

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri telah menggeledah kediaman Vai di Kelurahan Perjuangan, Kecamatan Teluk Nibung, Tanjungbalai pada hari ini sekitar Pukul 09.30 WIB.


Polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain tiga buah rompi, tujuh buah bom pipa, beragam serbuk dalam tempat penyimpan makanan, gotri, dan paku.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Utara Inspektur Jenderal Agus Andrianto mengatakan Hendry dan Vai berencana menyerang markas polisi, vihara dan sejumlah objek lain sebagai sasaran serangan.

Densus 88 terpaksa melepas tembakan karena mereka melakukan perlawanan. Keduanya menyerang petugas dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam.

"Tersangka meninggal dunia saat dilakukan penindakan. Dua pelaku ini melakukan perlawanan dengan senjata api dan senjata tajam," kata Agus di Tanjung Balai, Jumat (19/10). (mts/gil)