FOTO : Seleksi Kompetesi Dasar Para Calon Abdi Negara

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 19:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Seleksi Kompetesi Dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dimulai hari ini hingga 17 November 2018. 

Tes Seleksi Kompetesi Dasar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dimulai hari ini, Jumat, 26 Oktober 2018. Salah satu lokasi penyelenggaraan tes adalah Gedung Kantor Walikota Jakarta Selatan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Tes akan digelar hingga 17 November. Uji kompetesi dasar ini akan dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Peserta yang mengikuti tes ini adalah calon yang telah lolos dalam seleksi administrasi CPNS sejak 21 Oktober 2018. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Seleksi kompetesi dasar CPNS ini akan berlangsung lima sesi dalam sehari yakni, pukul 08.00-09.30, pukul 10.00-11.30, pukul 12.00-13.30, pukul 14.00-15.30, pukul 16.00- 17.30, dan sesi terakhir pukul 18.00-19.30 waktu setempat.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Peserta tes yang melamar di titik lokasi ini mulai menjalani pemeriksaan atau body scanning untuk mengantisipai peserta membawa alat komunikasi. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Benda yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam ruangan tes berbasis komputer ini adalah gadget semacam alat penyadap dan ponsel, jam tangan, benda tajam, rokok, dan bahkan pulpen serta kertas. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan pihaknya telah menyiapkan kertas dan pensil untuk mengerjakan soal di dalam ruangan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Setelah dipindai, peserta masih harus kembali diverifikasi datanya di depan ruang ujian. Apabila KTP milik peserta, nomor ujian, dan wajahnya sesuai, maka akan diberikan pin untuk membuka soal di dalam komputer yang terhubung dengan jaringan LAN BKN. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rangka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan yang molor. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Molornya jadwal karenasejumlah jaringan internet di lokasi pelaksanaan tes SKD bermasalah. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Badan Kepegawaian Nasional menyatakan jaringan internet tersebut dibutuhkan untuk registrasi ulang bukan disebabkan karena server BKN untuk data CPNS mengalami gangguan. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.
Kendala ini diklaim hanya terjadi di sejumlah lokasi. Di Jakarta misalnya, gangguan internet terjadi di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan dan Jakarta Utara.(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)