Anies Ubah Nama Tiga Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 19:22 WIB
Anies Ubah Nama Tiga Pulau Reklamasi di Teluk Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau lokasi lahan pembangunan Pulau Reklamasi Teluk Jakarta, 7 Juni 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi nama baru untuk tiga pulau reklamasi yang saat ini sudah terbangun di Teluk Jakarta. Selama ini tiga pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau C, Pulau D, dan Pulau G.

Anies menyampaikan selama ini sebenarnya ada kesalahan penyebutan. Seharusnya, kata Anies, sebuah lahan yang merupakan hasil reklamasi disebut dengan kawasan pantai.

"Pulau C menjadi Kawasan Pantai Kita, Pulau D menjadi Kawasan Pantai Maju, Pulau G menjadi Kawasan Pantai Bersama," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (26/11).



Penamaan tersebut dibarengi dengan ditekennya Keputusan Gubernur Nomor 1744 Tahun 2018 tentang Penamaan Kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju, dan Kawasan Pantai Bersama di Kota Administrasi Jakarta Utara oleh Anies.

Anies menjelaskan pemilihan tiga nama itu memiliki dasar atau tujuan bagi masa depan Jakarta.

"Maknanya adalah untuk masa depan dan wilayahnya nanti memiliki ciri khas di mana warga kita merasakan laut, pantai, serta merasakan kemajuan bersama," tuturnya.


Lebih dari itu, Anies menuturkan salah satu urgensi dari penamaan tersebut bertujuan agar PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku BUMD yang ditugaskan untuk mengelola lahan reklamasi bisa memiliki tugas yang jelas dalam pengelolaannya.

Sebelumnya, Anies telah menyerahkan pengelolaan tiga pulau reklamasi yang sudah terbangun kepada badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Penunjukan itu ditandai dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 tentang penugasan kepada PT Jakpro dalam pengelolaan tanah hasil reklamasi pantai utara Jakarta. Pergub tersebut diteken Anies pada 9 November dan diundangkan pada 16 November.

(dis/kid)