PAN Ganti Taufik Kurniawan dari Pimpinan DPR Pekan Depan

CNN Indonesia | Selasa, 27/11/2018 11:45 WIB
PAN Ganti Taufik Kurniawan dari Pimpinan DPR Pekan Depan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut partainya akan mengganti Taufik Kurniawan dari kursi Wakil Ketua DPR pekan depan. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan memasukan nama pengganti Taufik Kurniawan, yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen, sebagai Wakil Ketua DPR pekan depan.

"Nanti hari Senin surat sudah masuk. Masuk ke DPR," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kompleks parlemen, Jakarta, Selasa (27/11).

Dengan masuknya surat tersebut Senin pekan depan, Zulkifli mengatakan otomatis posisi Taufik sudah tidak lagi menjabat sebagai pimpinan dewan. Meski demikian, ia masih bungkam soal nama pengganti Taufik.


"Sudah, Senin nanti. Tinggal baca beritanya aja nanti, masak langsung sekarang?" katanya.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto sebelumnya menyatakan sudah ada satu nama pengganti Taufik di posisi pimpinan dewan. Namun, dia enggan mengungkap satu nama tersebut.

Namun, berdasarkan informasi yang beredar, ada dua nama disebut menjadi kandidat pengganti Taufik. Mereka adalah Ketua Fraksi PAN Mulfachri Harahap dan Wakil Ketua Umum PAN sekaligus Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais.

Taufik ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen yang bersumber dari APBN tahun anggaran 2016, senilai Rp100 miliar.

Taufik diduga menerima hadiah atau janji untuk melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya. Hal ini terkait dengan perolehan anggaran DAK fisik pada perubahan APBN Tahun Anggaran 2016.

(swo/arh)