Sambil Berseloroh, Tjahjo Sebut Pekerjaan Terenak Anggota DPR

CNN Indonesia | Rabu, 05/12/2018 02:18 WIB
Sambil Berseloroh, Tjahjo Sebut Pekerjaan Terenak Anggota DPR Mendagri Tjahjo Kumolo berseloroh tentang 'enaknya' menjadi anggota DPR (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut pekerjaan paling enak di dunia adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal itu disampaikan Tjahjo sambil berseloroh dalam konferensi pers Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Jakarta, Selasa (4/12).

"Jokenya, pekerjaan yang paling enak di dunia, itu anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Di dunia loh bukan di Indonesia," ucap dia sambil berseloroh.

Hal itu lantaran anggota DPR pekerjaannya tidak terlalu sulit. Ia mengatakan anggota DPR bisa meneriaki dan memaki-maki siapapun mulai dari pemerintah hingga Komisi Pemberantasan Korupsi.




Bahkan, lanjut Tjahjo, anggota DPR bisa tidak datang dalam sidang maupun rapat dan tetap mendapatkan gaji.

"Mau datang atau tidak datang boleh, mau teriak-teriak, mau maki-maki boleh, mau maki-maki KPK juga boleh itu tidak masalah," ucapnya.



Lebih lanjut Tjahjo mengatakan dengan beban kerja yang demikian, gaji anggota DPR juga terbilang tinggi. Ia menyebut saat dirinya menduduki kursi parlemen dia memperoleh gaji hingga Rp260 juta dengan uang tunjangan.

Gajinya saat itu, ungkap Tjahjo, bahkan lebih besar ketimbang saat dia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.



"Gajinya tinggi, saya ngalamin gaji DPR mulai masuk pertama Rp980 ribu, dolar masih Rp2 ribu waktu itu. Sampai saya pensiun 2014 anggota DPR, mohon maaf ya sudah hampir Rp260 juta dengan uang tunjangan," paparnya.

Atas dasar itu dia tidak heran banyak orang yang ingin menduduki kursi parlemen dan berlomba-lomba menjadi anggota DPR. (sah/ain)