FOTO: Pejuang Lingkungan Kirim Pesan Tolak Kriminalisasi

Andry Novelino, CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 19:20 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan petani dari beberapa daerah dan Walhi menggelar aksi unjuk rasa di seberang Istana Kepresidenan menolak kriminalisasi pejuang lingkungan hidup.

Ratusan petani dari beberapa daerah dan WALHI menggelar aksi unjuk rasa menolak kriminalisasi pejuang lingkungan hidup di seberang Istana Kepresidenan, Jakarta, 11 Desember 2018. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Aksi ini merupakan bagian peringatan Hari Hak Asasi Manusia Internasional saban 10 Desember. Dalam aksinya, massa menuntut pemerintah menghentikan kriminalisasi pejuang lingkungan hidup sebagai bentuk implementasi Pasal 66 UU Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (CNNIndonesia/Andry Novelino).
Dalam aksinya, massa menuntut pemerintah menghentikan kriminalisasi pejuang lingkungan hidup sebagai bentuk implementasi Pasal 66 UU Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Simbol salib sebagai tanda matinya keadilan untuk pekerja freeport Indonesia. Dalam aksi itu turut bergabung pula para mantan pekerja PT Freeport Indonesia yang menuntut keadilan hak pesangon dan BPJS untuk rekan mereka yang di PHK dan meninggal dunia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam aksinya massa yang bergabung bersama Walhi menuntut keadilan kepada Pemerintah yang hanya mempercepat proses pembangunan infrastruktur namun melupakan pengelolaan lingkungan dan manusianya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Dalam aksi Walhi dan Petani di depan Istana Kepresidenan, massa menegaskan selain pembangunan infrastruktur, pemerintah tak boleh mengabaikan hak lingkungan hidup sebagai bagian dari hak asasi manusia. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Manajer kampanye Walhi Wahyu Perdana menyatakan dalam catatan mereka ada 723 kasus kriminalisasi menimpa masyarakat yang tengah memperjuangkan hidupnya terkait kondisi lingkungan.  (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Walhi mencatat bukan hanya terhadap masyarakat dan pejuang lingkungan hidup saja yang menerima kriminalisasi. Bahkan, aksi kriminalisasi itu pun dikenakan kepada sejumlah saksi ahli yang bersaksi di pengadilan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Teatrikal di balik jeruji oleh para aktivis Walhi untuk menyampaikan kritik atas para pejuang lingkungan hidup yang dituding sebagai pelaku kriminal. (CNN Indonesia/Andry Novelino)