Nella Kharisma Dicecar 30 Pertanyaan soal Kosmetik Ilegal

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 20:19 WIB
Nella Kharisma Dicecar 30 Pertanyaan soal Kosmetik Ilegal Nella Kharisma tiba di Mapolda Jatim. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi dangdut Nella Kharisma diperiksa penyidik Polda Jawa Timur selama enam jam terkait kasus kosmetik ilegal bermerek Derma Skin Care Beauty (DSC) di Mapolda Jatim.

Nella diperiksa karena sempat di-endorse produk kosmetik tersebut di media sosial.

Pelantun lagu Jaran Goyang itu mengaku dicecar 30 pertanyaan oleh tim penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim.


Nella menyebut pertanyaan yang diajukan para penyidik tersebut mudah dan sudah dijawabnya sesuai fakta.

"Tadi ada 30 pertanyaan, gampang-gampang kok, dijawab dengan sejujur-jujurnya," ujar Nella saat ditemui awak media, Selasa (18/12).
Sayangnya, saat ditanya tentang iklan produk kosmetik atau endorse tersebut, Nella enggan berkomentar. Begitu pula saat ditanya fee yang ia dapatkan dari hasil endorse produk iklan kosmetik illegal tersebut.

"Nanti saja biar dijelaskan penyidik," kata Nella.

Nella kemudian terburu-buru, ia lalu meninggalkan awak media dan menuju mobilnya yang telah menunggu.

Sementara itu, Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Rofik Ripto Himawan mengatakan, selama enam jam Nella Kharisma dicecar sebanyak 27 pertanyaan. Isi materi pemeriksaan tersebut, kata dia, juga difokuskan pada prosedur Nella menerima endorse kosmetik ilegal itu.

"Fokus kita masalah SOP untuk menerima endorse kemudian etika penerimaan endorse, terus persyaratan legal formalnya produk yang akan di-endorse," kata Rofik.
Dari hasil pemeriksaan itu, Rofik mengatakan dalam penerimaan iklan, pihak Nella mengakui memiliki dua sistem penerimaan endorse yang berbeda.

"Ada yang langsung diterima oleh yang bersangkutan (Nella), dan ada juga proses penerimaannya melalui manajemen," katanya.

Tak hanya itu, penyidik menemukan keterangan yang berbeda. Nella mengaku hanya dibayar Rp1,5 juta hingga Rp3 juta. Hal itu, kata Rofik berbeda dengan keterangan tersangka yang mengaku telah membayar Nella sebesar Rp7-15 juta per pekan.

Polisi akan membandingkan keterangan tersangka dan Nella dengan melihat pembukuan. Kendati demikian Rofik juga mengaku pihaknya belum mendapatkan bukti pembayaran itu saat mengamankan TKP.

"Makanya nanti kita akan compare dengan pembukuan," kata dia.

Rofik menyimpulkan, sejauh ini pernyataan pelantun lagu Jaran Goyang, dalam menjawab pertanyaan penyidik belum terlalu rinci.

"Dia juga tidak memakai kosmetik yang di-endorse," kata dia.
(frd/ugo)